Teror dan Intimidasi Usik Kedamaian Warga Pesisir

Posted: June 23, 2010 in Suara Warga

Korlap PPLP Wilayah Garongan Panjatan, Widodo

*Terkait Penolakan Rencana Pertambangan Pasir Besi

Kulonprogo – Mengolah lahan pesisir yang semula gersang dan tandus menjadi subur tidaklah semudah membalik telapak tangan. Tanpa memeras otak dan keringat, harapan itu hanyalah sekedar mimpi di siang bolong.

Ironisnya, setelah para petani berhasil menikmati hasil kerja kerasnya, pemerintah secara sepihak memutuskan wilayah pesisir selatan Kulonprogo sebagai areal pertambangan pasir besi. Berdalih demi kesejahteraan rakyat, pemerintah tak peduli lagi melihat kehidupan warga pesisir yang gemah ripah loh jinawi dari hasil bertani.

“Sejak kami sepakat menyuarakan penolakan terhadap rencana eksploitasi pasir besi, intimidasi dan teror kini mewarnai kehidupan kami sehari-hari. Meski demikian, tidak ada kata menyerah bagi kami untuk memperjuangkan hak asasi sebagai warga sah NKRI” kata Koordinator lapangan Paguyuban Petani Lahan Pesisir (PPLP) wilayah Garongan Panjatan, Widodo (35).

Berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), imbuh Widodo, kini tidak asing lagi bagi warga pesisir. 2009 silam, gubug-gubug tempat para petani berteduh dan istirahat dibakar dengan semena-mena oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Polisi yang seharusnya mengayomi dan melindungi masyarakat terkesan memilih diam.

“Bahkan saat kami menyuarakan aspirasi di depan Komplek Pemkab pada Oktober 2009 silam, dengan beringas petugas menembakkan gas air mata. Korban berjatuhan dari kalangan warga berusia lanjut dan kaum perempuan” kenang Widodo.

Untuk itu, Widodo dan ribuan warga pesisir lain berharap pada Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) agar dapat menuntaskan banyaknya pelanggaran HAM terkait rencana pertambangan pasir besi.

“Hasil pemantauan dan penyidikan Komnas HAM jangan hanya berujung pada rekomendasi yang nantinya diserahkan pada pemerintah. Kalau perlu, ajarilah mereka (pemerintah, red) agar lebih menghargai apa itu HAM” tegas Widodo. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s