Bertani Adalah Harga Mati

Posted: July 3, 2010 in feature

Sariyem (kiri) tengah memanen sawi di tegalan miliknya

*Rencana Eksploitasi Pasir Besi Resahkan Petani Pesisir

Kulonprogo – Bagi sebagian besar warga pesisir selatan, bertani adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Sebab, dengan bertani mereka bisa menikmati bebasnya kehidupan tanpa harus menjadi budak di negeri sendiri.

Itulah yang membuat Sariyem (56) warga Pedukuhan IX Pleret Panjatan masih tetap tersenyum meski harga sawi kini sedang anjlog. Di bawah teriknya matahari, Sariyem dibantu tiga petani lainnya tetap semangat memanen sawi di tegalan miliknya.

“Musim panen kali ini memang sedang terpuruk. Harga sawi per kilonya hanya sekitar 800 rupiah. Meski demikian, kami tidak terlalu merugi. Pasalnya pada musim panen sebelumnya, harga sawi per kilonya mencapai 3.000 rupiah. Ya beginilah hidup sebagai petani, kadang di atas kadang di bawah” katanya sembari memetiki daun sawi, Kamis (1/7).

Anjlognya harga sawi, menurut Sariyem, diduga imbas dari naiknya harga cabe kali ini yang mencapai 30.000 rupiah per kilo. Melambung tingginya harga cabe membuat para penjual makanan memilih berlibur. Akibat para penjual makanan seperti mie ayam dan bakso meliburkan diri, otomatis penjualan sawi menurun drastis.

“Saat ini yang sedang menuai hasil melimpah adalah para petani cabe di wilayah Bugel Panjatan. Dalam sekali panen, mereka bisa membeli dua hingga tiga sepeda motor sekaligus secara tunai” ujarnya.

Namun, ibu dua anak ini menambahkan, para petani pesisir selatan kini tengah risau oleh rencana eksploitasi pasir besi yang mencakup lahan seluas 2.900 hektar di kawasan pesisir Kulonprogo.

“Tidak bisa kami bayangkan jika lahan pasir yang subur ini nantinya berubah menjadi lubang-lubang menganga setelah ditambang alat-alat berat yang mengeruk bijih besi. Semoga pemerintah tidak tuli mendengar rintihan kaum kecil seperti kami” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s