Dua Kecamatan Perbatasan Rawan Teroris

Posted: July 3, 2010 in news

Kulonprogo – Selain meresahkan warga di tiga pedukuhan di Desa Banjaroyo Kecamatan Kalibawang, sekelompok orang tak dikenal yang diduga terkait jaringan teroris ternyata juga menebar teror di sejumlah wilayah di Kecamatan Samigaluh.

Kalibawang dan Samigaluh adalah dua kecamatan di perbukitan Menoreh, Kulonprogo, DIY, yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Meski demikian, pihak kepolisian belum berani menyimpulkan jika sekelompok orang asing itu berasal dari Purworejo.

“Hingga kini belum ada laporan resmi dari warga yang telah menjadi korban dari sekelompok orang asing itu. Namun, dalam beberapa hari ini sebagian besar warga di Desa Gerbosari Samigaluh mengaku tidak berani keluar rumah pada malam hari” kata Kapolsek Samigaluh AKP Agus Nuryanto didampingi Babinkamtibmas Iptu Subardi, Sabtu (3/7).

Subardi menambahkan, sebelum isu teroris merebak, warga di Samigaluh juga resah dengan berhembusnya isu penculikan bocah oleh jaringan perdagangan organ dalam.

“Namun isu kali ini (soal teroris, red) dampaknya lebih parah. Untuk itu kami menghimbau kepada warga agar jangan keluar malam sendirian. Selain itu, pihak Polsek juga terus mengintensifkan patroli” jelasnya.

Terpisah, warga Pedukuhan Semagung Banjaroyo Kalibawang Pudi (58) mengatakan dirinya pernah dilempar senjata tajam saat memergoki sekelompok orang asing itu menyusuri jalan di tengah pemukiman pada malam hari, belum lama ini.

“Malam itu saya dan beberapa warga lain sedang meronda keliling kampung. Di tengah perjalanan, kami berpapasan dengan sekelompok orang yang gerak-geriknya mencurigakan. Saat ditanya hendak kemana kok lewat tanpa permisi, mereka justru marah dan salah satu orang itu menyorotkan senter ke arah mukanya sendiri” kenang Pudi.

Karena takut, Pudi dan kawan-kawan pun kabur meninggalkan lokasi. Saat itulah salah satu kawanan teroris melemparkan senjata tajam dan mengenai kaki Pudi.

“Saya terus berlari tanpa sempat menoleh” imbuh Pudi sambil menunjukkan bekas luka gores di betis kanannya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto belum bisa dikonfirmasi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s