Tangkap Ikan Dengan Tangan Kosong

Posted: July 3, 2010 in feature

*Tradisi Nawu Kali di Panjatan

Kulonprogo – Perubahan musim penghujan ke musim kemarau dimanfaatkan segenap warga Desa Panjatan Kecamatan Panjatan untuk membangkitkan kembali tradisi Nawu Kali (menguras sungai, red).  Berbekal sebuah mesin diesel, belasan warga menguras air sungai Yasiro untuk menangkap ikan.

Sejak pagi, sungai peninggalan kolonial Jepang yang melintang di sisi utara jalan Brosot-Purworejo itu dibendung warga dari dua arah. Selain menggunakan diesel, warga juga menguras air dengan ember. Setelah kedalaman air tinggal sebatas mata kaki, tampaklah bermacam jenis ikan berbagai ukuran menggelepar. Saat itulah warga mulai beramai-ramai menangkapi ikan dengan tangan kosong.

Tradisi unik menangkap ikan yang dilakukan warga Desa Panjatan itu menarik perhatian sejumlah pengguna jalan yang siang itu tengah melintas. Bahkan beberapa di antaranya sempat berhenti untuk mengabadikannya dengan kamera.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Basuki Suprapto (62), tradisi Nawu Kali telah dilakukan warga Panjatan selama bertahun-tahun setiap kali memasuki musim kemarau.

“Sejak dulu sungai Yasiro dikenal banyak ikannya. Meski demikian, warga tidak diperkenankan mencari ikan dengan cara menabur racun atau menyetrum. Kami juga terus menyadarkan warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Sekarang bisa dilihat hasilnya, ikan di sungai Yasiro bisa dinikmati warga bersama-sama” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga yang turut terjun ke sungai, Purwantoro (34), mengatakan  ikan hasil tangkapan yang terkumpul akan dibagi rata untuk semua warga yang turut nawu kali.

“Pembagian sama rata ini untuk menghilangkan kecemburuan antar warga. Sebab, masing-masing warga memperoleh hasil yang berbeda. Nanti sore semua ikan hasil tangkapan akan dikumpulkan untuk dibagi adil” terangnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s