Ditinggal Ke Sawah, Rumah Ludes Terbakar

Posted: July 9, 2010 in hard news, news

Warga mengais puing-puing rumah korban untuk mencari barang berharga yang tersisa

Kulonprogo – Korban ledakan tabung LPG 3 kg bertambah lagi. Ledakan kali ini membakar habis rumah milik Budi Sutrisno (55) warga Dusun Klipuh Gulurejo Lendah, Jumat (9/7) siang. Beruntung saat itu rumah dalam kondisi kosong, sehingga tidak memakan korban jiwa. Meski demikian, kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Sebelum kebakaran warga di sekitar lokasi dikejutkan suara ledakan yang sangat keras dari arah dapur rumah korban. Tak berselang lama, api langsung merembet dan membakar rumah korban yang berdinding gedeg (anyaman bambu, red).

“Ledakan keras itu seketika disusul kilatan api warna biru yang menyembur dari atap dapur rumah korban yang jebol. Hanya dalam hitungan detik, api langsung merembet dan melalap seisi rumah korban yang berdinding anyaman bambu” kata tetangga korban, Parji (52).

Tanpa adanya pertolongan dari tim pemadam kebakaran, warga kesulitan memadamkan api yang terlanjur membumbung tinggi. Dengan peralatan seadanya, warga  akhirnya dapat memadamkan api sekitar satu jam setelah kejadian. Namun terlambat, rumah dan seluruh perabotan milik korban  sudah terlanjur rata dengan tanah.

Sementara itu,Budi (korban, red) mengatakan saat kejadian dia dan istrinya, Tanti (45) sedang di sawah. Sedangkan keempat anaknya juga tidak berada di rumah.

“Pagi sebelum berangkat ke sawah, istri saya sudah mematikan kompor gas seusai memasak untuk bekal. Sepulang dari sawah sekitar pukul 14.00, saya melihat banyak warga berkerumun di halaman depan rumah. Setelah warga bilang rumah saya terbakar, saya langsung lemas. Tidak ada harta benda yang terselamatkan, semuanya ludes,” terangnya.

Berjam-jam setelah api dipadamkan, tak satu pun anggota kepolisian tampak di sekitar lokasi. Lambatnya reaksi  dari jajaran Polsek Lendah dan Polres Kulonprogo sangat disesalkan oleh warga setempat. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s