Ratusan Senjata Api Diperiksa

Posted: July 12, 2010 in news

Proses pemeriksaan ratusan senpi di halaman Polres Kulonprogo

Kulonprogo – Ratusan senjata api (senpi) milik  Polres Kulonprogo diperiksa oleh tim gabungan dari Divisi Profesi dan Pengamanan(Propam) Polda DIY, Propam Polres Kulonprogo, dan Bagian Logistik Polres, Senin (12/7). Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan senpi tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak membahayakan.

Pemeriksaan beragam jenis senpi laras panjang dan laras pendek seperti SS1, SKS, dan Revolver itu meliputi kondisi fisik, masa berlaku  surat ijin kepemilikan, serta amunisinya. Dari ratusan senpi yang terkumpul, petugas pemeriksa hanya menemukan dua senpi yang mengalami kerusakan.

“Hanya ada dua senpi yang mengalami kerusakan kecil. Untuk sementara, dua senjata itu ditarik  Polda DIY untuk direparasi” terang Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto.

Sementara itu, Darmanto menepis anggapan bahwa pemeriksaan senpi kali ini terkait dengan kasus tewasnya anggota Satlantas Polres Bantul Bripka Dedi Kusnadi (34) akibat tertembak pistolnya sendiri di asrama kediamannya, Kamis pagi (8/7).

“Tidak ada hubungannya dengan tewasnya anggota Polres Bantul itu. Sebab, pemeriksaan senpi semacam ini oleh Divisi Propam DIY rutin dilaksanakan per semester (enam bulan sekali). Sedangkan oleh Propam Polres sendiri, pemeriksaan senpi rutin dilaksanakan setiap bulan” terang Darmanto.

Terkait dengan tewasnya Bripka Dedi Kusnadi, Darmanto menekankan kepada anggotanya tentang standar keamanan penggunaan senpi. “Pemegang senpi disarankan untuk mengosongkan satu lubang di dalam silinder revolver” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s