Alternatif BBM Dari Bonggol Pisang

Posted: July 21, 2010 in feature, news

*Hasil Kreasi murid SMK N 1 Panjatan

Kulonprogo – Bonggol pisang kepok yang jarang dimanfaatkan ternyata bisa diolah menjadi pengganti bahan bakar minyak (BBM). Di tangan murid-murid SMK N 1 Panjatan, bonggol pisang diolah dengan metode hidrolisis asam dan enzimatis menjadi bioetanol (bahan bakar berbasis nabati, red).

Ide pengolahan bioetanol itu bermula saat guru pembimbing kimia dan dasar kompetensi kejuruan (DKK) Komarudin menawarkan kepada murid-muridnya untuk mengikuti “Science Tech Idol” yang diselenggarakan Universitas Proklamasi, Taman Pintar, dan CV Repindo Jogja. Saat itulah tiga murid kelas XII, yakni Effendi Setyawan, Nia Zahara Atnani, dan Sarwana mencetuskan ide pemanfaatan bonggol pisang kepok.

“Potensi kandungan pati bonggol pisang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bakar (bioetanol). Bioetanol adalah cairan dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat menggunakan bantuan mikroorganisme” terang Komarudin.

Ditemui di laboratorium sekolah, Sarwana dan dua temannya menjelaskan bahwa proses pembuatan bioetanol cukup sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.

“Bonggol pisang dikupas, diparut, lalu dihidrolisis (pengubahan pati menjadi glukosa) dengan ragi tape. Pada hari berikutnya, ditambahkan Yeast (komponen utama dalam peragian) untuk fermentasi alkohol. Setelah disaring, hasilnya kemudian didestilasi (proses pemisahan air), jadilah bioetanol” terang Sarwana.

Kadar bioetanol hasil olahan murid SMK N 1 Panjatan ini mencapai 83 %. Dengan besaran prosentase itu, bioetanol sudah bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik dan penghemat bensin (dengan cara dicampurkan ke bensin untuk meningkatkan angka oktan).

“Agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, kadar prosentase bioetanol harus ditingkatkan hingga 99,5 % menjadi etanol kering. Caranya dengan menambahkan kapur sebagai zat pengikat air kemudian didestilasi (proses pemisahan molekul air, red)” terang Komarudin.

Hasil bioetanol dari bonggol pisang kepok itu mengantarkan SMK N 1 Panjatan maju dalam perlombaan “Science Tech Idol”. Perlombaan yang diikuti SMA dan SMK di Provinsi DIY itu kini tinggal menyisakan 6 finalis, salah satunya SMK N 1 Panjatan.  (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s