Budidaya Gurami di Bukit Kapur

Posted: July 21, 2010 in feature, news

Kulonprogo – Membudidayakan ikan di wilayah perbukitan kapur yang 80% lahannya tandus mungkin terdengar mustahil. Namun tidak demikian halnya dengan warga Pedukuhan Dengok Tanjungharjo Nanggulan. Berbekal semangat dan kerjasama yang kuat, mereka berhasil mengentaskan daerahnya dari status desa tertinggal dengan mendirikan kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Argomino.

Dengan tiga buah diesel untuk memompa air dari Sungai Kalibawang yang jaraknya sekitar 80 meter di bawah tempat mereka tinggal, Pokdakan Argomino kini memiliki 300 kolam budidaya gurami dengan luas total mencapai 8.470 m2.

“Pertama didirikan pada awal Februari 2006, Argomino yang beranggotakan 14 orang hanya memiliki kolam seluas 64 m2. Meski terkesan mustahil, kami tidak menyerah untuk mengolah tanah gersang dan kering ini menjadi lahan produktif. Dalam keterbatasan air kami tetap semangat memberdayakan diri dengan budidaya gurami” kenang ketua Pokdakan Argomino Sumardi.

Kerja keras warga selama empat tahun itu telah membuahkan hasil. Argomino yang mengemban misi mengembangkan teknologi budidaya perikanan dengan kolam terpal itu kini beranggotakan 32 orang. Selain itu, Argomino juga memiliki 22 kelompok binaan yang tersebar di seputaran wilayah Nanggulan.

Menurut Sumardi, ada lima tahap dalam rangkaian budidaya gurami. Yakni tahap penetasan, pendederan pertama (memindahkan bibit yang telah lincah dan peka terhadap gerakan tangan ke dalam bak), pendederan kedua (memindahkan bibit yang telah berusia 25-27 hari ke kolam pendederan), seleksi ikan (memisahkan ikan berdasarkan ukuran setelah usianya mencapai 40 hari), dan penanganan pasca panen.

“Penanganan pasca panen berhubungan dengan teknik menjual gurami dalam kondisi hidup, segar dan sehat.
Untuk mencapai kualitas gurami yang layak jual, ada dua aspek penting yang harus diperhatikan dalam pasca panen, yaitu mencegah dan menghilangkan bau lumpur serta cara pengangkutan yang benar’ puingkas Sumardi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s