Sidang Perdana Kades Tuksono

Posted: July 21, 2010 in news

*Kasus Korupsi Dana Kas Desa dan Dana LKM

Kulonprogo – Sidang perdana kasus korupsi dengan terdakwa mantan Kades Tuksono Saryono mulai digelar Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wates, Selasa (20/7) siang. Sidang ini lebih cepat dari target semula, yakni sekitar dua minggu setelah kejaksaan melimpahkan berkas pada Jumat (9/7).

Dalam uraian dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putro Haryanto menyebutkan perbuatan tersebut dilakukan terdakwa dalam hal melakukan penyimpangan dana Kas Desa sebesar Rp 44 juta dan dana dari Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Binangun Tuksono sebesar Rp 154 juta. Total kerugian yang diderita negara mencapai sekitar Rp 198 juta.

Agenda sidang pertama yang dipimpin ketua majelis M.Samiaji, S.H,M.H dengan hakim anggota Emma Sri, S.H dan Kun T Wibowo, S.H itu adalah pembacaan dakwaan oleh JPU. Dalam dakwaan tersebut, Saryono didakwa dengan dakwaan Primer pasal 3 ayat ( 1 ) UU No. 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Tipikor jo. pasal 65 ayat 1 KUHP. Sesuai dengan UU, Saryono diancam hukuman minimal 4 tahun.

Menanggapi dakwaan JPU, Saryono melalui kuasa hukumnya, Muslim,S.H,M.H menyatakan akan mengajukan eksepsi (nota keberatan, red).

“Kami butuh waktu untuk menyusun eksepsi atas dakwaan JPU” kata Muslim singkat. Oleh ketua majelis, permohonan Saryono dikabulkan. Rencananya, sidang kedua dengan agenda pembacaan eksepsi akan dilangsungkan pada 26 Juli mendatang.

Ditemui seusai sidang, JPU Putro Haryanto mengaku siap untuk menunggu hasil tanggapan eksepsi dari terdakwa.

“Dalam sidang kasus korupsi dana Kas Desa dan dana LKM ini, kami telah menyiapkan sebanyak 15 saksi yang nantinya akan dimintai keterangan dalam sidang lanjutan” jelasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s