Pemkab Tidak Tegas Pada Investor Nakal

Posted: July 23, 2010 in news

Bupati Kulonprogo, Toyo S Dipo (baju putih) tengah berbincang dengan perwakilan Kadin Kulonprogo

Kulonprogo – Akibat kurang tegasnya pemkab Kulonprogo dalam menindak investor nakal, nasib korban mangkraknya pembangunan 60 kios di wilayah Demangrejo Sentolo hingga kini tidak jelas. Meski mengakui jika pembangunan yang dilakukan oleh PT Dita Karya Mandiri Pemalang Jateng pada 2006 silam itu akibat keteledoran pemkab, namun upaya untuk mengembalikan kerugian yang diderita korban hanya setengah hati.

Untuk itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kulonprogo meminta Pemkab agar ke depannya lebih waspada terhadap investor yang nakal. “Mangkraknya pembangunan sederet kios di Demangrejo Sentolo itu adalah bukti dari kurang tegasnya pemkab dalam mengurus perijinan” kata salah satu pengurus Kadin Santoso Hadi Pitoyo dalam acara pemaparan isu strategis pembangunan di Kulonprogo, kemarin.

Menanggapi mangkraknya pembangunan sederet kios di Demangrejo, Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo menegaskan jika kasus itu murni akibat pihak kontraktor (PT.DKM Pemalang Jateng, red) yang lari dari tanggungjawab.

“Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) tidak pernah menerbitkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pendirian puluhan kios itu. Pasalnya, secara jelas lokasi yang digunakannya melanggar aturan batas jalan dan batas sepadan irigasi” tegas Toyo.

Meski demikian, pembangunan kios yang berderet memanjang di sebelah barat pertigaan Kenteng Sentolo itu tetap dilangsungkan. Pemkab pun tak banyak mengambil tindakan. Hingga akhirnya pembangunan terhenti setelah direktur PT DKM Hadi Purnomo minggat setelah menggondol uang ratusan juta.

Selain itu, Kadin juga meminta pemkab agar lebih adil dalam pemerataan pembangunan di Kulonprogo. Pasalnya, dari sekian banyak isu strategis yang dipaparkan, semuanya hanya terpusat di wilayah selatan. Sedangkan wilayah tengah dan utara belum banyak tersentuh derap langkah pembangunan.(leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s