Penggali Sumur Tewas Terkubur

Posted: July 25, 2010 in hard news, news

Sumur maut buah karya Wagiman

Kulonprogo – Sungguh tragis nasib Wagiman alias Kenthus (55), tukang penggali sumur asal Gunung Gempal Wates. Pasalnya, korban terkubur hidup-hidup di sumur buah karyanya di areal persawahan di Tegal Lembut Giripeni Wates, Minggu (25/7). Meski berhasil diselamatkan rekan-rekan kerja dan warga sekitar dan kemudian dilarikan ke RSUD Wates, nyawa korban tetap tidak tertolong.

Menurut saksi mata Darmo, warga setempat, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 10.00. Saat itu, korban berada di dalam sumur kedalaman sekitar lima meter yang ia kerjakan bersama tiga orang temannya di areal persawahan di Tegal Lembut Giripeni Wates. Sementara tiga rekannya berada di atas, korban yang masih di dalam sumur terus menggali lebih dalam.

“Areal persawahan kan tanah lumpur, jadi kondisinya labil dan mudah ambles. Begitu juga dengan tanah bekas galian sumur yang menumpuk di tepi lubang sumur. Mungkin karena sudah menumpuk terlalu tinggi, tanah bekas galian itu tiba-tiba ambrol dan mengubur korban yang masih di dalam sumur” terangnya.

Mengetahui kejadian itu, sontak rekan kerja dan sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi langsung berusaha untuk menyelamatkannya. Tebalnya tanah yang ambrol membuat proses evakuasi berjalan lambat. Hingga lebih dari setengah jam, korban akhirnya berhasil ditarik keluar. Namun saat itu kondisi korban sudah sangat kritis.

Tak berselang lama setelah warga melapor ke Polsek Wates, petugas dan mobil ambulans dari RSUD Wates tiba di lokasi. Oleh petugas, korban langsung dilarikan ke RSUD Wates. Namun apes, baru di tengah perjalanan, korban menghembuskan napas terakhir.

“Oleh pihak keluarga, jenazah korban langsung diminta untuk diantarkan ke rumah duka untuk segera disucikan dan dikuburkan” terang petugas jaga kamar jenazah RSUD Wates, Khudori (50).

Sementara itu, guna penyelidikan lebih lanjut seputar penyebab kematian korban, petugas Polsek Wates masih memasang garis polisi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s