Rokok Ilegal Rawan Beredar di Pasar Tradisional

Posted: July 27, 2010 in news

*Diduga dari Industri Rumah Tangga di Purworejo Jateng

Kulonprogo – Pasar-pasar tradisional di Kulonprogo, khususnya yang berbatasan dengan wilayah Purworejo Jawa Tengah ternyata rawan dengan maraknya peredaran produk rokok ilegal. Selain mengedarkan produk rokok tanpa pita cukai, para distributor nakal itu juga meminta para pedagang untuk melepas pita cukai rokok yang tidak laku untuk ditukar uang.

Salah seorang pedagang di Pasar Dekso Kalibawang yang neggan disebut namanya mengaku pernah diminta seorang distributor untuk melepas pita cukai sebuah produk rokok yang tak laku-laku untuk dan diberi imblan Rp 1000,- per pita.

“Biasanya pita cukai yang diminta distributor itu dari produk rokok yang masih baru dan kurang laris. Tapi kejadian semacam itu hanya marak pada kurun waktu 2008-2009. Sedangkan sekarang sudah tak ada lagi yang meminta” katanya, Selasa (27/7).

Sementara itu, Kasi Perencanaan dan Pengembangan Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Kulonprogo Nurjati Purnomo mengatakan produk rokok ilegal itu umumnya beredar dari industri berbasis rumah tangga yang ada di luar wilayah Kulonprogo.

“Selain memberikan produk rokok tanpa pita cukai, si pemasok juga menggunakan pita cukai bekas yang dikumpulkan dari pedagang. Pita cukai bekas itu kemudian ditempelkan ke produk rokok yang ilegal,” terangnya di depan 50 pedagang dari empat pasar tradisional di Kalibawang dalam Penyuluhan Perdagangan Produk Hasil Tembakau di Balai Desa Banjararum Kalibawang, Selasa (27/7).

Dalam kesempatan itu, penyuluh dari Kantor Beacukai Andriani memaparkan soal pengenaan pita cukai termasuk sangsi yang dikenakan. Jika terbukti ada upaya meniru/memalsukan pita cukai, serta membeli dan mempergunakan pita cukai yang sudah dipakai dapat terancam sangsi pidana 1-8 tahun penjara dan denda maksimal 10-20 kali cukai yang seharusnya dibayar.

”Untuk itu, para pedagang diminta agar tidak menerima produk rokok yang tak ada pita cukainya serta menolak jika diminta melepas pita cukai sebuah produk rokok untuk ditukar uang” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s