Bayi Malang Dibuang di Sungai

Posted: July 29, 2010 in hard news, news

Tragis: Mayat bayi sebelum dievakuasi

Kulonprogo – Warga Pedukuhan Ngipikrejo, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, gempar dengan temuan mayat bayi laki-laki yang mengapung di Sungai Klegung yang lokasinya cukup jauh dari areal perumahan warga sekitar, Kamis (29/7) pagi. Hingga kini petugas masih menyelidiki pelaku yang tega membuang bayi yang diperkirakan baru berusia seminggu itu.

Kepala Dusun Ngipikrejo II Ngatirin (53) menjelaskan, keberadaan mayat bayi malang itu pertama diketahui seorang pelajar yang hendak berangkat sekolah dan kebetulan melintas di jalan depan makam Klegung. Mendapat laporan dari pelajar tersebut, Kadus memanggil warga lainnya dan temuan itu dilaporkan ke Polsek Kalibawang.

“Mayat bayi itu tidak jelas terlihat dari atas (jembatan, red). Sebab, posisinya tengkurap dan tertutup daun kelapa kering yang tersangkut. Bayi malang itu juga masih mengenakan popok, kaos tangan, dan kaos kaki yang tinggal sebelah. Sedangkan kaos kaki satunya tercecer di jalan” terangnya.

Tak berselang lama, polisi dan tim medis dari Puskesmas Kalibawang segera mengevakuasi mayat dari sungai berkedalaman sekitar 50 cm itu untuk diotopsi di RSUD Wates.

Dari hasil pemeriksaan tim medis di lokasi kejadian, kondisi tubuh bayi itu masih utuh. Hanya saja dahinya berlubang dan dua daun telinganya tinggal sebagian. Diduga bagian tubuh itu dimakan kepiting atau terbentur benda keras di sungai.

Kapolsek Kalibawang AKP Budi Susilanta belum bisa memastikan apakah pelakunya warga Kalibawang atau warga dari luar daerah. Motif pembuangan bayi itu pun masih samar.

“Belum diketahui apakah bayi itu hasil hubungan gelap atau dibuang karena desakan ekonomi orang tuanya. Kami akan melakukan pengecekan ke bidan-bidan di Kalibawang. Pasalnya, mayat itu masih mengenakan penjepit pusar yang menandakan proses kelahirannya di bidan bukan di dukun bayi” jelasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s