PPh Salah Sasaran, Disdik Dipanggil Dewan

Posted: July 29, 2010 in news

Sejumlah perwakilan Forum Komunikasi Guru (Forkomru) saat wadul ke Dewan

Kulonprogo – Guna mengklarifikasi surat pengaduan yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Guru (Forkumru), DPRD Kulonprogo mempertemukan Dinas Pendidikan, Inspektorat Daerah (Inspekda), dan sejumlah perwakilan dari Forkumru, Kamis (29/7).

Ketua Komisi IV Yusron Martofa menjelaskan, surat aduan itu mempertanyakan pemotongan pajak penghasilan (PPh) terhadap dana tunjangan non sertifikasi bagi golongan II. Dana tunjangan non sertifikasi itu diberikan pada guru sejak Maret 2010 silam.

“Sesuai dengan aturan perpajakan, PPh tidak dikenakan bagi guru golongan II ditingkat SD. Untuk itu kami mempertemukan ketiganya untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya di lapangan” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Sri Mulatsih membenarkan jika penyerahan dana tunjangan itu diwarnai potongan PPh sebesar 15 % (sekitar 450 ribu). Meski demikian, dia mengatakan potongan PPh yang “tidak sesuai” itu telah dikembalikan sejak April 2010.

“Permasalahan ini hanya karena kesalahan administrasi saja dan sudah diselesaikan. Sesuai dengan aturan, potongan PPh hanya dibebankan pada golongan III dan di atasnya” paparnya.

Terpisah, ketua Fraksi PDIP Thomas Kartoyo mengungkapkan, surat aduan yang diterima Dewan pada Selasa (27/7) itu ternyata bukan ditulis oleh Agus Supriyanto. Pasalnya, saat diklarifikasi dalam rapat, guru dengan nama tersebut tidak membenarkan jika dirinya melayangkan surat aduan. Selain itu, Agus juga masuk dalam golongan III, jadi tidak sepantasnya mempermasalahkan potongan PPh.

“Tidak perlu dipersoalkan siapa yang menulis. Sebab, permasalahan yang diungkapkan dalam surat itu benar adanya. Dengan tegas Dewan meminta agar potongan yang tidak sesuai itu dikembalikan” tegasnya.

Untuk memastikan tidak adanya “penyelewengan”, Dewan juga meminta Disdik untuk menyerahkan berkas pengembalian potongan dana tunjangan itu sebagai bukti yang valid. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s