Puluhan PSK dan Napi Jalani Survei HIV/AIDS

Posted: July 30, 2010 in news

Kulonprogo – Puluhan PSK, waria, serta para tahanan dari Rutan Wates dan Polres Kulonprogo menjalani tes sero-survei untuk mengetahui adanya kemungkinan terserang HIV/AIDS, Kamis (29/7) malam. Survei yang dilakukan Dinas Kesehatan Kulonprogo di halaman kantor Dinkes itu diiikuti 81 orang dengan cara pengambilan sampel darah untuk uji lab.

Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dr. Buddy Isman didampingi Pengelola Program HIV/AIDS Dinkes Kulonprogo Arif Mustofa mengatakan survei dilakukan untuk mengetahui tingkat perkembangan populasi penderita HIV/AIDS di Kulonprogo. Hasil survei akan dikirimkan ke Dinkes Provinsi untuk dicek hasilnya sekitar 1-2 minggu.

“Hasil tes survei bersifat sangat rahasia, hanya disebut jumlah yang terkena. Jika dalam suatu sampel populasi, misalnya rutan, ada yang terindikasi terkena HIV, maka Dinkes akan memberikan tawaran mengikuti uji ulang dengan mencantumkan nama untuk tindak lanjut subyek yang terkena guna keperluan perawatan” terangnya, Jumat (30/7) siang.

Terpisah, seorang waria asal Srandakan Bantul yang baru beberapa hari ini bekerja di Alun-Alun Wates mengatakan dirinya sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan Dinkes ini. “Survei ini sangat bermanfaat. Bisa membantu mendeteksi penyakit lebih dini Penyakit jangan ditutup-tutupi, tapi harus ditangani,” katanya seusai mengikuti survei.

Data Komisi Penanggulangan HIV/Aids (KPA) Kulonprogo menyebutkan per 2009, ada 49 penderita HIV/Aids di Kulonprogo yang didominasi kaum laki-laki. Pada tahun 2008 tak ada penambahan populasi dan ditahun 2009 ada satu penderita baru.

Koordinator Pengelola Program Komisi Penaggulangan HIV/Aids (KPA) Kulonprogo Anugerah Wijayanti mengatakan sero-survei di Kulonprogo dilakukan setahun sekali dengan kuota peserta survei paling sedikit (100 orang) dibanding kota / kabupaten lain.

“Kuota terbanyak untuk Sleman dan Kota Jogja yang dinilai memiliki titik tren populasi lebih banyak dibanding Kulonprogo” paparnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s