Sungai Meluap, Enam Desa Terendam

Posted: July 30, 2010 in news

*Muara Sungai Terhalang Sedimen Laut

Kulonprogo – Tebalnya sedimentasi pasir yang mengendap di ujung sungai Bogowonto membuat sebagian besar warga di Kecamatan Temon resah. Pasalnya, setiap tiba musim kemarau, air sungai tidak bisa mengalir masuk ke samudera Hindia karena terhalang pasir yang menumpuk. Akibatnya, beberapa desa di Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo Jateng itu terancam banjir setiap tahun.

Kemarin, beberapa pedukuhan di Desa Jangkaran Temon terendam air sungai Bogowonto yang meluap. Luapan air menggenangi pekarangan warga dan puluhan hektar lahan pertanian. Selain khawatir puso (gagal panen, red), warga juga dibayang-bayangi kerugian besar karena tambak udang mereka juga terancam.

“Musibah ini sudah menjadi bencana rutin tahunan. Hampir setiap musim kemarau, air sungai tidak bisa masuk ke laut. Sebab, aliran air sangat kecil dan kalah dengan ombak. Akibatnya, di muara sungai muncul dataran yang lama-kelamaan jumlah sedimen pasirnya terus bertambah dan memunculkan laguna” terang Sumadi (52), warga setempat.

Setiap kali banjir datang, imbuh Sumadi, warga terpaksa beraktivitas menggunakan perahu darurat yang dibuat dari drum plastik. Meski warga berinisiatif membuka sedimen pasir, upaya itu tidak banyak menyelesaikan permasalahan.

Selain membanjiri Desa Jangkaran, air sungai Bogowonto juga meluap dan merendam beberapa pedukuhan di desa Jogoboyo,  Jatikontal, Karanganyar, dan Gedangan Kecamatan Purwodadi Purworejo Jateng.

Guna mengatasi permasalahan menahun ini, Kepala Kesbanglinmas Riyadi Sunarto mengaku telah melayangkan surat kepada Balai Besar Sungai Serayu dan Opak untuk dilakukan pembukaan sedimen.

“Jika tidak segera dilakukan pembukaan, air yang menggenangi rumah penduduk dan tambak udang warga keddepannya bisa semakin besar. Sementara itu, pemkab juga telah menyiapkan lahan sebagai tempat pengungsian. Hanya saja warga masih enggan mengungsi, kecuali kalau air sudah masuk rumah” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s