Banyak Perda “Kadaluarsa”

Posted: August 5, 2010 in news

*Kinerja Satpol PP Terkendala

Kulonprogo – Banyak Peraturan Daerah (Perda) di Kulonprogo yang sudah tidak relevan namun terus diberlakukan. Selain sanksinya tidak menimbulkan efek jera, juga butuh waktu yang lama untuk memproses para pelanggarnya. Hal ini adalah kendala besar bagi Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kulonprogo untuk menjalankan fungsinya sebagai penegak Perda.

Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan SatPol PP Kulon Progo Qumarul Hadi mengatakan, pihaknya tengah mengonsep perubahan perda-perda yang dianggap sudah tidak relevan untuk diganti. Salah satu konsepnya adalah dengan mengusulkan perubahan terhadap ketentuan pidana.

“Konsep tersebut tengah kami susun untuk segera disampaikan ke Bupati agar ditindaklanjuti. Sebab, proses mengubah Perda itu cukup panjang” ungkapnya, Kamis (5/8).

Menurut Qomarul, beberapa perda yang harus segera diubah antara lain Perda yang mengatur tentang minuman keras (miras) dan Perda yang mengatur tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin gangguan.

“Sebagai contoh adalah Perda No.1/2007 dan Perda No.11/2008 yang mengatur tentang minuman keras (miras). Proses dari mulai tertangkap hingga disidangkan paling cepat membutuhkan waktu 1,5 bulan karena prosesnya yang berbelit-belit” jelasnya.

Perda yang paling sering dilanggar, imbuh Qomarul, adalah Perda yang mengatur tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin gangguan. Banyak warga yang membangun tidak dilengkapi IMB.

Kasi Pengendalian dan Operasional Satpol PP Sukarsono menambahkan, Selain terhambat pada aturan, SatPol PP juga terkendala masalah jumlah personel dan anggaran yang terbatas.

“Anggaran penegakan perda tahun ini 31 juta dari anggaran awal dan 25 juta dari dana tambahan. Padahal perda yang harus dikawal jumlahnya mencapai 28 perda,” tuturnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s