Gerbang Desa Berulah, Pemkab Gerah

Posted: August 5, 2010 in news

*Pasir Besi Bakal Naikkan PAD Hingga 1.500 %

Kulonprogo – Sekretaris Daerah Kulonprogo Budi Wibowo menegaskan agar berbagai elemen yang terlibat dalam rencana pertambangan pasir besi di pesisir Kulonprogo tidak memperkeruh suasana. Hal itu disampaikan Sekda untuk menanggapi rencana LSM Gerbang Desa 88 Kulonprogo yang akan menggelar konferensi pers di Media Center Kulonprogo hari ini (Jumat, 6/8).

Saat dikonfirmasi, ketua LSM Agustinus Widia Setyawan mengaku tengah mempersiapkan materi yang akan disampaikan dalam konferensi pers bersama penasehatnya, Ariawan. Sebagaimana diketahui, Gerbang Desa 88 adalah LSM yang baru-baru ini getol mendukung perjuangan Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP) untuk menolak rencana pertambangan pasir besi.

Sebelumnya, Kamis (29/7), Gerbang Desa menggegerkan Pemkab setelah mengungkapkan hasil temuannya bahwa pengambil kebijakan di Kulonprogo diduga menyembunyikan surat dari Direktur Manager PT JMI yang seharusnya segera disampaikan ke warga pesisir yang bakal terkena dampak langsung pertambangan.

“Pembangunan di Kulonprogo tidak akan terwujud jika hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di tahun 2009 hanya sekitar 41,973 Milyar. Itupun alokasinya paling besar habis untuk belanja rutin, termasuk di dalamnya gaji PNS” terang Budi di kantornya, Kamis (5/8).

Mengutip pernyataan Bupati Toyo S Dipo saat menghadiri acara pemaparan isu strategis pembangunan Kulonprogo di Wates, (21/7), jika tambang pasir besi jadi berdiri, PAD Kulonprogo bakal meningkat hingga sekitar 1.500% (650 Milyar per tahun). Dengan PAD sebesar itu, selain dapat mengentaskan kemiskinan, pemkab juga berniat menggratiskan seluruh biaya pendidikan dan pengobatan seluruh warganya.

Mengenai dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (Ka Andal) tambang pasir besi yang dinilai tim teknis perlu dirombak total, Sekda meminta agar konsultan pemrakarsa terus direvisi hingga memenuhi syarat.

“Ka Andal harus mengakomodir seluruh aspek, jangan sampai ada cacat sedikitpun” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s