Kebun Tebu Terbakar, Warga Panik

Posted: August 6, 2010 in hard news, news

Mobil pemadam menyemprotkan air ke tengah kebun tebu yang terbakar

*Diduga Akibat Ledakan Mercon

Kulonprogo – Terbakarnya kebun tebu seluas satu hektar di wilayah Pedukuhan II Kranggan Galur menghebohkan warga setempat, Jumat (6/8) siang. Pasalnya, warga khawatir api yang terus membesar itu akan merembet ke pemukiman warga.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab terbakarnya kebun tebu di tanah kas desa yang dikontrak Pabrik Gula Madukismo Bantul itu. Namun menurut keterangan dari beberapa warga, beberapa anak bermain mercon di sekitar lokasi sebelum kebakaran.

“Api mulai besar sekitar pukul 13.00. Tidak ada yang mengetahui secara persis awal mulanya. Beberapa warga yang rumahnya bersebelahan dengan kebun tebu langsung keluar setelah mendengar suara pohon tebu terbakar. Khawatir api akan meluas, saya langsung melapor ke Polsek Galur” terang Kepala Dukuh Hapsak Haryanto (35) di lokasi.

Kencangnya angin di siang itu membuat warga panik. Sebab,  api semakin membesar dan terus merembet. Dengan peralatan seadanya, warga bergotong-royong memadamkan api. Namun, usaha itu kurang maksimal karena titik api sudah menyebar di kebun tebu dengan luas total sekitar 4 hektar tersebut.

Tak berselang lama, dua mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Wates tiba di lokasi. Namun, proses pemadaman berjalan lambat karena mobil damkar kesulitan menjangkau titik api. Api yang tersebar di beberapa titik akhirnya berhasil dipadamkan dua jam kemudian. Meski demikian, warga tetap berjaga-jaga di sekitar kebun tebu.

“Kami masih khawatir jika nanti api tiba-tiba menyala lagi karena kencangnya angin” singkat Joko (28) warga setempat.

Peristiwa kebakaran di Kecamatan Galur ini sempat menggegerkan beberapa petinggi di komplek Pemkab Wates. Sebab, kabar yang beredar sebelumnya mengatakan musibah kebakaran menimpa Puskesmas Unit II Galur. Hal itulah yang membuat kepala Kesbanglinmas Kulonprogo Riyadi Sunarto langsung turun ke lokasi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s