Obat Dosis Tinggi Marak Di Pasar Tradisional

Posted: August 6, 2010 in hard news, news

*Diduga Ulah Distributor Nakal Mengelabui Pedagang

Kulonprogo – Sejumlah pasar tradisional di Kulonprogo rawan menjadi sasaran distributor nakal untuk memasarkan obat larang edar (berdosis tinggi, red). Hal itu terungkap saat petugas gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Kesehatan, dan Satpol PP Kulonprogo menggelar inspeksi mendadak di Pasar Kasihan Ngentakrejo Lendah, Jumat (6/8).

Dalam sidak itu, petugas berhasil mengamankan puluhan butir obat larang edar merk Supertetra dari PT Darya Varia. Temuan ini sangat mengagetkan petugas di lapangan. Pasalnya, antibiotik berwujud kapsul itu hanya boleh dikonsumsi seijin resep dokter.

“Terus terang kami sangat kaget mendapati obat dosis tinggi yang hanya bisa ditebus di apotik itu dapat beredar di pasar tradisional. Dugaan sementara, beredarnya obat dosis tinggi ini karena ketidaktahuan distributor tentang jenis dan aturan penjualan obat ini” terang staf seksi perijinan dan sertifikasi Disperindag Hartiningsih.

Hartiningsih menambahkan, ketidaktahuan distributor diperparah dengan minimnya pengetahuan pedagang akan jenis obat larang edar. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada distributor nakal yang sebenarnya tahu kalau obat tersebut larang edar, namun tetap memaksa atau mengelabui pedagang untuk mengedarkannya.

Selain mengamankan obat larang edar, petugas gabungan juga menyita puluhan obat dosis ringan dan juga berbagai produk makanan dan minuman dalam kemasan yang sudah kadaluwarsa namun masih dipajang di etalase kios-kios pasar.

Menurut Kepala Bagian Perdagangan Disperindag Kulonprogo Bambang Widodo, untuk produk yang sudah melampaui batas kadaluarsa hingga lebih dari setahun langsung disita untuk dimusnahkan. Bagi produk yang belum lama habis masa kadaluarsanya, Dinas meminta pedagang agar menukarkannya dengan produk baru ke distributor.

Salah satu pedagang, Yuwono (45), mengaku lalai dalam memperhatikan tanggal kadaluarsa. “Biasanya selalu saya cek, tapi akhir-akhir ini saya sibuk jadi lupa,” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s