Pelanggar Didominasi Anggota TNI dan Polri

Posted: August 8, 2010 in hard news, news

Petugas PT KAI Daops VI Yogyakarta tengah menyisir penumpang gelap di KA Senja Utama

*Puluhan Penumpang Gelap KA Tertangkap Basah

Kulonprogo – Sebanyak 37 penumpang gelap terjaring dalam pemeriksaan serentak terpadu (PST) yang digelar oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Minggu (8/8) malam. Dari jumlah total penumpang tanpa tiket di KA Senja Utama jurusan Jogja-Jakarta itu, 70 % di antaranya adalah aparat, baik dari kepolisian maupun TNI.

Kepala Daops VI Yogyakarta Noor Hamidi yang turut terjun langsung dalam PST itu mengatakan, seluruh penumpang gelap yang terjaring langsung dikenai sanksi tegas, yakni denda sebesar 2 x lipat harga tiket.

“Sebanyak 35 penumpang tersebut bersedia membayar denda sehingga diperkenankan melanjutkan perjalanan. Sedangkan dua penumpang lagi terpaksa diturunkan di stasiun Wates karena enggan membayar denda” katanya.

Noor menambahkan, meski sudah diberlakukan tiket reduksi (diskon 50% khusus untuk aparat), jumlah pelanggar dari kalangan aparat selalu mendominasi dari hasil penjaringan penumpang gelap.

Sementara itu, Manager Operasi TPS Yuherman mengatakan, dari hasil operasi sebelumnya, banyak juga ditemukan para penumpang umum yang menggunakan tiket reduksi tersebut. Meski demikian, sanksi tegas tetap diberlakukan karena mereka tidak dapat menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai anggota TNI atau Polri.

“Jangankan dapat menunjukkan KTA, dilihat dari kondisi fisiknya saja, para penumpang nakal itu sama sekali tidak mencerminkan sosok aparat. Setelah diusut, mereka mengaku jika tiket tersebut dibelikan oleh salah satu anggota keluarganya yang tercatat sebagai anggota TNI/Polri yang masih aktif” ungkapnya.

Terpisah, Manager Humas Daops VI Jogjakarta Eko Budiyanto menjelaskan, PTS semacam ini akan semakin digiatkan untuk mengantisipasi membanjirnya penumpang gelap menjelang bulan Ramadhan. Sasaran utamanya kali ini adalah KA kelas bisnis dan eksekutif.

“Operasi gabungan petugas PT KAI bersama dengan unsur TNI/Polri baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara ini akan terus digelar secara rutin. Jadi tidak hanya bertepatan menjalang Ramadhan saja” terangnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s