Hari Pertama Puasa Bebas Penyakit Masyarakat

Posted: August 10, 2010 in hard news, news

*Satpol PP Gelar Operasi Ketertiban Umum

Kulonprogo – Menjelang Ramadhan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulonprogo kian gencar melakukan razia cipta kondisi terhadap kegiatan penyakit masyarakat. Sasarannya kali ini adalah para pekerja seks komersil (PSK), waria, pengamen, dan gelandangan yang sering mangkal di seputaran kota Wates.

Razia yang digelar pada Senin (9/8) itu dimulai sejak pukul 19.00-23.00 WIB. Razia difokuskan di sejumlah titik rawan, diantaranya di areal persawahan belakang Gedung Kesenian dan RSUD Wates, stasiun Wates, dan sekitar pasar Bendungan Wates. Hasilnya, sebanyak 25 orang berhasil terjaring.

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran saat satpol PP melakukan razia di areal persawahan belakang RSUD Wates. Karena minim jumlah personil dan kurang koordinasi, banyak pasangan PSK dan lelaki hidung belang yang berhasil lolos dari sergapan satpol PP.

Sementara itu, dalam waktu yang bersamaan, satpol PP juga menggelar razia di alun-alun Wates. Alhasil, 5 pasangan muda-mudi tertangkap basah saat tengah asik berpacaran di sejumlah titik yang minim penerangan.

Kepala Seksi Pengendali dan Operasional Satpol PP Kulonprogo Sukarsono mengatakan, razia menjelang hingga memasuki bulan Ramadhan akan terus ditingkatkan demi terciptanya suasana yang kondusif.

“Tidak ada sanksi yang dijatuhkan dalam razia ini. Mereka yang terjaring langsung dikumpulkan di kantor untuk diberikan pengarahan. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat surat pernyataan sekaligus sebagai pendataan” terangnya.

Setelah mendengarkan pengarahan dari satpol PP, mereka yang terjaring saat itu juga langsung dilepaskan.

Sukarsono menambahkan, minimnya lampu penerangan yang ada menyebabkan alun-alun Wates sangat berpotensi menjadi tempat ajang praktek prostitusi. Kondisi ini sangat memprihatinkan, mengingat para pelakunya kebanyakan kalangan pelajar dan mahasiswa.(leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s