Sembilan Anggota Disidang, Empat Perwira Dimutasi

Posted: August 10, 2010 in hard news, news


Kulonprogo – Sembilan anggota Polres Kulonprogo, disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Wates, Selasa (10/8) siang. Para aparat penegak hukum itu terjaring dalam “Operasi Patuh Progo 2010” yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Darmanto sejak tanggal 2-16 Agustus 2010.

Dari jumlah tersebut, 3 personil diantaranya bertugas di Polres Kulonprogo. Sedangkan, 4 personil lainnya dari Polsek Kalibawang, dan 2 personil dari Polsek Nanggulan.

Sidang dengan hakim tunggal Erni Aprilia yang dimulai pada pukul 09.00 itu berlangsung cukup singkat, yakni hanya sekitar 15 menit. Mereka disidang terkait masalah pelanggaran tata tertib lalu lintas saat mengendarai motor, terutama masalah pemasangan satu kaca spion dan tidak SIM dan STNK.

“Denda yang dijatuhkan mengacu pada pasal 285 (persyaratan teknis dan laik jalan) dan pasal 288 ayat 2 (tidak membawa surat kelengkapan jalan). Seluruh anggota kepolisian itu menyatakan siap membayar denda atas kesalahan yang diperbuat.” terang hakim ditemui seusai persidangan.

Sidang yang dijaga sejumlah anggota Provost itu berlangsung tertib. Setelah dinyatakan bersalah, para anggota polisi tersebut langsung menyerahkan uang denda dengan besaran rata-rata Rp 25.000 ditambah biaya perkara Rp 1.000 kepada jaksa.

Dalam waktu bersamaan, Wakapolres Kompol Pitoyo Agung Yuwono, Kasatlantas AKP Vero Arya Ratmantio, Kapolsek Wates AKP Ris Surpiyanto, dan Kapolsek Samigaluh AKP Agus Nuryanto dimutasi di Aula Polres Kulonprogo.

“Wakapolres kini dijabat Kompol Aap Sinwan Yasin dari Dirlantas Polda DIY. Kasatlantas dijabat AKP Setyo Heri Purnomo dari Poltabes Jogja. Kapolsek Wates dijabat AKP Agus Nuryanto (sebelumnya menjabat Kapolsek Samigaluh). Sedangkan Kapolsek Samigaluh kini dijabat AKP Mulyono dari Polda DIY” terang Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto didampingi Kabag Binamitra Kompol Tri Heri. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s