Gubernur: Mulai Sekarang Kencangkan Ikat Pinggang!

Posted: August 11, 2010 in news

Sultan HB X (kiri) dan Bupati Toyo S Dipo (tengah) dalam rapat koordinasi pemprov dan Pemkab di Gedung Kaca Kulonprogo

*Pemkab Boros, Gubernur Berang

Kulonprogo – Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mendesak setiap pemerintah kabupaten untuk segera mengencangkan “ikat pinggang”. Pasalnya, fenomena yang terjadi di seluruh kabupaten hampir seragam. Yakni, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di masing-masing kabupaten sebagian besar habis untuk belanja rutin, terutama untuk gaji PNS.

Sedangkan untuk biaya pembangunan atau untuk kebutuhan tambahan, pemkab selalu “merengek” dan meminta bantuan dari pemerintah provinsi. Untuk itu, dalam kunjungan kerjanya ke Pemkab Kulonprogo, Rabu (11/8), dengan tegas Gubernur meminta agar pemerintah daerah tidak “manja”. Pemerintah daerah juga diharuskan efisien dan efektif dalam menganggarkan dana.

“Belum lama ini, salah satu kabupaten mengajukan bantuan dana untuk pembelian 5 buah mobil dinas baru di saat pemprov tengah berusaha menghemat anggaran. Perlu diketahui, demi efisiensi, mobil dinas milik pemprov yang sejak 25 tahun silam hingga kini masih terus dimanfaatkan. Semoga hal semacam ini tidak terjadi di Kulonprogo” tegas Gubernur.

Sementara itu, dari data yang dipaparkan Bupati Toyo S Dipo, diketahui bahwa pendapatan daerah Kulonprogo per tahun sejak 2008-2010 tidak menunjukkan peningkatan signifikan, yakni dari Rp 581.934.155 menjadi Rp 627.749.179.  Hal itu berbanding terbalik dengan melonjaknya belanja daerah, yaitu dari Rp 598.059.933 menjadi Rp 675.860.216. Dari belanja daerah tahun 2010 tersebut, sekitar 417 milyar dianggarkan untuk gaji PNS.

Agar seluruh anggaran tidak hanya terserap untuk gaji PNS, Gubernur meminta agar kedepannya Pemkab Kulonprogo melakukan rekrutmen pegawai dengan jumlah yang rasional. Gubernur juga menekan pemkab untuk membangkitkan empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada agar mampu memberikan sumbangan yang signifikan bagi APBD. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s