Pemkab “Merengek” Lagi ke Pemprov

Posted: August 11, 2010 in news

*Ajukan Bantuan Dana Untuk Pilkada Tahun Depan

Kulonprogo – Defisit anggaran dalam keuangan pemkab Kulonprogo terus menerus terjadi sejak 2008 hingga kini. Bahkan tahun depan, 2011, defisit anggaran diprediksikan kembali terulang. Dari data yang kemarin dipaparkan Bupati Toyo S Dipo, pendapatan daerah dan pembiayaan daerah hanya sebesar Rp 596,909 milyar. Sedangkan, pengeluaran daerah mencapai Rp 672,471 milyar. Dengan demikian, defisit terhitung sejumlah Rp 75,562 milyar.

Selain untuk belanja rutin (khususnya untuk membayar gaji PNS), membengkaknya pengeluaran tersebut karena tahun depan pemkab akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada). Pesta demokrasi lima tahunan itu diperkiakan menelan anggaran sebesar Rp 12,627 milyar. Alhasil, pemkab kembali “merengek” kepada Pemprov demi kucuran dana bantuan.

“Kami mengajukan permohonan bantuan keuangan kepada Gubernur DIY sebesar Rp 6,256 milyar untuk biaya Pilkada. Pasalnya, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten di tahun depan diperhitungkan menyusut. Yakni, dari Rp 45,242 milyar menjadi Rp 44,829 milyar” jelas Toyo, kemarin.

Selain untuk  pilkada, pihak pemkab juga mengajukan bantuan untuk sejumlah program kegiatan, di antaranya pada sektor pendidikan, kesehatan, ketersediaan pangan, dan infrastruktur.

Sementara itu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, program kegiatan yang sebenarnya merupakan kewenangan kabupaten seperti Pemilukada memang dimungkinkan untuk diajukan bantuan dari Pemprov. Untuk itu, Pemkab diminta menyampaikan pengajuan terlebih dulu sebelum APBD Kabupaten disahkan.

“Perlu dikoordinasikan sebelum APBD Kabupaten diputuskan dalam pleno. Untuk memastikan apakah Pemprov bisa memenuhinya. Jangan sampai APBD kabupaten harus direvisi untuk menyesuaikan kembali karena telah disahkan sebelum APBD Provinsi disahkan,” jelasnya.

Pemprov menargetkan APBD DIY 2011 selesai pada November mendatang. Sedangkan APBD Kabupaten/Kota maksimal pada Desember. Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta pemkab Kulonprogo melakukan efisiensi untuk penganggaran program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s