PNS Malas, Sanksi Tegas!

Posted: August 11, 2010 in news

Wakil Bupati Kulonprogo, Mulyono

*Bulan Puasa, Jam Kerja PNS Diskon Satu Jam

Kulonprogo – Wakil Bupati Kulonprogo Mulyono dengan tegas mengatakan akan memberikan sanksi kepada para PNS yang tidak menunjukkan kinerja maksimal dalam memberikan pelayanan publik selama bulan puasa. Untuk memantau kinerja PNS selama bulan puasa, Pemkab bekerja sama dengan Inspektorat Daerah akan melakukan inspeksi mendadak.

“Puasa jangan dijadikan alasan kepada siapa pun untuk bermalas-malasan. Akan tetapi, puasa seharusnya bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan etos kerja sambil menyempurnakan pahala ibadah puasa yang sedang dilakukan,” kata Mulyono, Rabu (11/8) siang.

Menurutnya, sanksi yang akan diberikan sebagaimana diatur dalam PP No 30/1980 tentang Kedisiplinan PNS. Jika PNS tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka tidak akan menimbulkan keluhan dari masyarakat.

Terpisah Kabag Kesra Eko Wisnu Wardana mengatakan, pemkab Kulonprogo memberlakukan jam kerja khusus selama bulan puasa. Hal ini telah disahkan Sekda Kulonprogo Budi Wibowo tentang Perubahan jam kerja.

“Dalam surat edaran nomor 800/189/VIII/2010 dijelaskan soal pengurangan jam kerja di bulan puasa satu jam lebih awal. Hal ini agar kinerja pegawai lebih efektif sekaligus memberi kesempatan menunaikan ibadah puasa” terangnya.

Eko memaparkan, di hari biasa jam kerja PNS sampai pukul 15.30. Sedangkan di bulan puasa ini, dari Senin sampai Kamis, jam kerja PNS dimulai dari pukul 7.30 WIB-14.30 WIB. Sedangkan di hari Jumat sampai pukul 13.30 WIB.

“Agar kinerja dan pelaksanaan ibadah tetap berjalan seimbang, maka diadakan perubahan jam kerja agar memberikan kelancaran kepada PNS dalam menjalankan ibadah puasanya dengan khusyuk. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi PNS untuk tidak memberikan pelayan prima kepada warga masyarakat” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s