Dana LKM Diembat Perangkat Desa dan PNS

Posted: August 13, 2010 in news

*Pemkab Siapkan Langkah Tegas

Kulonprogo – Perangkat desa di Kulonprogo menempati posisi pertama sebagai penunggak kredit Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Binangun yang tersebar di 88 desa. Sedangkan posisi kedua diduduki para pegawai negeri sipil (PNS). Data dari Kabag Perekonomian menunjukkan, kredit macet LKM sebesar Rp.1.364.141.313. itu berada di tangan 196 perangkat desa dan di 105 PNS.

Sungguh ironis, mengingat LKM dibentuk sebagai lembaga jasa layanan keuangan tabungan dan kredit dalam skala mikro bagi masyarakat yang mempunyai usaha kecil. Adanya temuan ini semakin menguatkan kekhawatiran jika sasaran kredit LKM meleset dari rencana awal. Dana sebesar Rp.44 milyar yang digelontorkan untuk LKM tersebut rawan menguap perlahan layaknya beberapa macam kredit bunga lunak yang pernah berjalan sebelumnya.

Hal ini jelas membuat Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo geram bukan kepalang. Pasalnya, LKM dibentuk untuk memfasilitasi rakyat kecil yang sulit mendapatkan kredit di bank karena tidak memiliki jaminan. Untuk itu, Toyo meminta agar kelembagaan LKM diperkuat, dan kredit macet segera dituntaskan.

Terpisah, Sekda Kulonprogo Budiwibowo menjelaskan, langkah tegas akan diupayakan untuk mengatasi kredit macet tersebut. Pertama, yakni menagih dengan cara persuasif. Bagi yang memiliki kemampuan diharuskan mengembalikannya, bahkan mungkin dengan take ofer oleh Bank Pasar.

“Jika tidak bersedia mengembalikan, akan diselesaikan lewat jalur hukum. Kami optimis, tunggakan LKM dapat ditarik. Bagi yang menabung di LKM tidak perlu khawatir” tegas Budi. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s