Raperda Pertanggungjawaban APBD 2009 Akhirnya Disetujui

Posted: August 13, 2010 in news

*Sebelumnya Sempat “Gegerkan” Tubuh Dewan

Kulonprogo – DPRD Kulonprogo akhirnya menyetujui penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (PP-APBD) Tahun 2009 menjadi Perda dalam rapat paripurna di komplek gedung Dewan, Jumat (13/7) siang. Rapat kali ini adalah lanjutan dari paripurna sebelumnya, Jumat (6/8) malam, yang “geger” dan terpaksa ditunda lantaran pimpinan rapat menunda putusan dengan alasan waktu sudah terlalu larut.

Mencermati jawaban Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo atas pandangan umum Badan Anggaran dan fraksi-fraksi terhadap raperda PP-APBD Tahun 2009, Badan Anggaran (Banggar) DPRD menilai masih ada beberapa permasalahan yang harus diklarifikasi dalam forum rapat kerja Banggar dan eksekutif.

Kesepakatan yang perlu ditindaklanjuti Bupati beserta jajarannya, yakni seputar realisasi anggaran dan belanja dan realisasi program dan kegiatan. Beberapa poin penting antara lain: penerimaan pendapatan dari piutang, retribusi, dan pajak belum optimal, tingginya sisa gaji guru di Dinas Pendidikan pertanda lemahnya mekanisme penganggaran gaji.

“Perlu dilakukan penghitungan dan penjadwalan ulang terhadap terhadap pengembalian investasi non permanen (penguatan modal) yang digulirkan ke masyarakat sejak 2002 silam. Empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus berbenah agar dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)” kata juru bicara Banggar DPRD Suparjo.

Dalam penyampaian pendapat akhirnya, Bupati Toyo S Dipo menyatakan permasalahan penguatan modal telah diupayakan tindak lanjut atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan RI , antara lain, penelusuran bukti setor oleh SKPD pengampu kekuatan modal, penagihan dan pembuatan surat pernyataan kesanggupan mengangsur pada penunggak.

“Dalam bulan ini ada beberapa agenda yang harus dibahas bersama antara legislatif dan eksekutif. Di antaranya KUA dan PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2010, penyusunan Perda Perubahan APBD tahun 2010, penyusunan KUA dan PPAS tahun 2011 dan penyusunan perda APBD tahun 2011 dan beberapa pembahasan Raperda Pajak dan Retribusi” jelas Bupati. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s