Belasan Peserta Upacara Nyaris Pingsan

Posted: August 18, 2010 in news

*Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

Kulonprogo – Sebelas pelajar tingkat SMP dan SMA serta dua petugas Polwan nyaris pingsan saat mengikuti upacara peringatan HUT RI ke 65 di alun-alun Wates, Selasa (17/8). Selain karena sedang berpuasa, teriknya matahari siang itu membuat para peserta upacara kelelahan dan kekurangan cairan (dehidrasi).

“Banyak yang hampir pingsan kemungkinan akibat asupan makanan kurang karena sedang berpuasa. Sehingga, suplai oksigen ke otak juga berkurang,” ujar Petugas PMI Kulon Progo, Anita Fitriyanti ditengah kesibukannya mengurus belasan peserta yang memadati tenda di belakang barisan upacara yang didirikan PMI.

Sejumlah tim medis PMI yang diterjunkan tampak sibuk memberikan pertolongan kepada para peserta upacara yang mengaku tidak kuat lagi mengikuti jalannya upacara. Karena khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebagian dari peserta upacara yang “menyerah” oleh panas itu memutuskan untuk membatalkan puasa.

“Bagi yang tidak melanjutkan puasa kami beri minum teh manis, juga minyak kayu putih. Setelah beberapa menit beristirahat mereka akan pulih segar kembali,”  imbuh Anita.

Sementara itu, meski terjadi insiden banyaknya peserta nyaris pingsan, Upacara Bendera yang diikuti ratusan peserta dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab), TNI – Polri, serta pelajar itu tetap berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Toyo S Dipo dengan komandan upacara Kapolsek Galur AKP Bambang Suharyanto.

Pagi sebelum pelaksanaan upacara, sebanyak 449 PNS di lingkungan Pemkab Kulonprogo menerima Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya, atas darma baktinya selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s