HUT RI Disambut Bahagia Para Napi

Posted: August 18, 2010 in news

*23 Napi Dapat Remisi, 2 Diantaranya Bebas

Kulonprogo – Hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 65 disambut gembira oleh berbagai kalangan, khususnya para narapidana. Pasalnya, setiap tanggal 17 Agustus, remisi atau pengurangan hukuman selalu diberikan kepada napi yang telah menjalani pidana lebih dari 6 bulan, berkelakuan baik, tidak sedang dikenai hukuman disiplin, dan tidak dijatuhi pidana hukuman mati atau seumur hidup.

Kegembiraan terpancar dari wajah 23 napi di Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Wates setelah pemerintah memberikan remisi dari satu hingga tiga bulan, Selasa (17/8) pagi. Tiga di antaranya adalah napi perempuan yang tersandung kasus penipuan, perzinahan, dan pencurian.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Joko Sulistiyo mengatakan, napi yang mendapat remisi satu bulan sebanyak 10 orang, dua bulan ada 6 orang, dan empat orang lagi mendapat tiga bulan remisi. Dua napi di antaranya dinyatakan bebas setelah mendapat remisi tersebut. Selain itu, tiga orang mendapat cuti bebas sebelum Surat Keputusan (SK) remisi turun.

Kebanyakan dari mereka masuk penjara karena kasus pencurian, perjudian, KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), dan ada juga perzinahan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dua napi yang bebas setelah mendapat remisi yaitu Yoyok Suherman yang mendapat remisi satu bulan dan Ngatiran bin Wongso Kerto yang mendapat remisi dua bulan.

Yoyok Suherman yang divonis 20 bulan penjara karena kasus pencurian itu tampak haru seusai menerima putusan remisi. “Setelah bebas saya akan memulai kehidupan baru yang lebih baik. Saya akan berwiraswasta kecil-kecilan” ujar pria asal Jakarta ini.

Penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi dilakukan oleh Bupati Kulon Progo Toyo S Dipo kepada perwakilan napi, sekaligus melepas baju napi dan memberi baju bebas.

Remisi dapat memicu napi untuk selalu berbuat baik selama di lembaga pemasyarakatan. Sebab, berperilaku baik adalah salah satu poin penting bagi napi untuk mendapat remisi” kata Toyo seusai membacakan sambutan tertulis dari Menteri Hukum dan HAM RI Patrialis Akbar. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s