Tabung Gas “Ilegal” Beredar Di Perbatasan

Posted: August 18, 2010 in news

*Diduga Ulah Distributor Purworejo

Kulonprogo – Kebijakan rayonisasi yang ditetapkan Pertamina sejak awal Juli lalu berimbas pada kelangkaan tabung gas di pasaran. Hal ini dimanfaatkan oleh para distributor nakal yang nekat memasok tabung gas ke luar daerah.

Sejak Jumat (13/8), Kepala Bagian Geologi dan Energi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ESDM Kulonprogo Heri Purnomo mendapat laporan adanya tabung gas label biru beredar di wilayah perbatasan Kulonprogo dengan Purworejo Jawa Tengah, khususnya di Congot. Diduga kuat, pengedarnya distributor dari Purworejo.

“Secepatnya kami akan melakukan pengecekan ke lapangan. Jika memang terbukti ada droping tabung gas dari luar daerah, kami akan mengambil tindakan tegas” kata Heri, Rabu (18/8).

Kabar merebaknya tabung gas dari luar daerah itu dibenarkan oleh Kepala Disperindag dan ESDM Kulonprogo Darto. Sebelum peredaran tabung gas ”ilegal” itu terlanjur marak, pihaknya segera berkoordinasi dengan petugas yang berwenang.

”Mengenai sanksi yang akan dijatuhkan kepada pangkalan dan pengecer yang nakal, kami serahkan kepada Pertamina” tegasnya.

Sementara itu, untuk mencegah kelangkaan tabung gas menjelang lebaran, Disperindag telah meminta SPBE agar menambah pasokan. Setidaknya dalam satu bulan, diharapkan ada lebih dari 4000 tabung. Pasalnya, kelangkaan tabung gas sudah terjadi di sejak Juni hingga pertengahan Agustus ini.

”Padahal kuota produksi untuk Kulonprogo sudah melebihi 3295 tabung per bulan. Hal ini diduga ada permainan yang tidak sehat dalam distribusi tabung gas. Untuk itu kami akan terus pantau distribusi tabung gas elpiji di lapangan menjelang Lebaran ini,” pungkasnya. (leo)

Comments
  1. yulee says:

    mungkin tidak hanya jumlah gas aja yang disiapkan oleh pemerintah kulon progo, namun juga keamanan gas jiga diteliti, sehingga masyarakat akan measa aman dan nyaman saat mengunakanya..

  2. dindamn says:

    mendesak juga untuk segera diadakan sosialisasi kepada masyarakat seputar tata cara penggunaan kompor gas beserta asesorisnya (tabung gas, selang, regulator)..

    Maturnuwun Mas Yulee, sudah berkenan mampir di blog ini.
    Insya Allah, setiap hari bakal disajikan berita terbaru di Kulonprogo dalam angle yang sedikit berbeda dari biasanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s