Santunan dan Bantuan Perbaikan Rumah Menunggu Realisasi

Posted: August 19, 2010 in news

*Korban Ledakan Gas Elpiji Tabung 12 Kg

Kulonprogo – Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo Untung Waluyo mengatakan, bantuan perbaikan rumah untuk korban ledakan gas elpiji di Dusun Kedunggong Wates, Rabu (1/8), masih menunggu laporan resmi dari pemerintah desa untuk diusulkan ke Pemprov DIY. Pasalnya, tidak ada pos anggaran untuk bantuan semacam itu di Disnakertran Kulonprogo.

“Mengenai besaran bantuan bahan perbaikan rumah akan ditentukan berdasarkan pengecekan di lokasi. Setelah ada laporan resmi, Dinas Sosial Provinsi bersama Disnakertran Kulonprogo akan cek ke lokasi menginventarisasi dan menghitung bahan bangunan  yang dibutuhkan untuk perbaikan. Pengadaannya hingga didrop ke lokasi dikerjasamakan dengan pihak ketiga,” jelasnya, Kamis (19/8).

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Darto kini tengah mengupayakan santunan dari PT Pertamina. “Terhadap kasus-kasus ledakan gas memang ada santunan dari Pertamina, yang besarannya akan diatur lebih lanjut” ungkap dia.

Selama ini kebijakan pemberian santunan memang hanya untuk penerima subsidi atau pengguna tabung gas 3 kg. Namun, Darto menambahkan, meski ledakan di Kedunggong akibat tabung gas 12 kg, namun pihaknya tetap mengupayakan santunan bagi korbannya. Sebab, program konversi minyak tanah ke gas tidak terbatas dan berlaku luas.

Dari hasil pantauan di lokasi, siang hari setelah ledakan gas elpiji membakar tubuh Yatini (65) dan anak semata wayangnya Hamami (30), Rabu (18/8) pukul 03.15, petugas dari Dinsosnakertrans telah memberikan bantuan kepada korban berupa logistik, alat-alat dapur, makanan, dan tikar. Selain itu juga ada tenda bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI). (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s