Tabung Gas Ilegal Akibat Pertamina Tak Penuhi Kuota

Posted: August 19, 2010 in news

Kulonprogo – Tidak mampunya Pertamina memenuhi kuota pasokan tabung gas ukuran 3 kg di Kulonprogo setiap bulannya membuat sejumlah agen dan pangkalan terpaksa melanggar aturan yang ditetapkan. Sebab, diberlakukannya sistem distribusi tertutup atau rayonisasi tanpa terpenuhinya kuota, sama halnya memaksa rakyat dengan slogan “siapa cepat dia dapat”.

Data dari pemkab Kulonprogo menyebutkan, ada sekitar 9.300 keluarga miskin pengguna tabung gas 3 kg. Padahal, setiap bulannya Pertamina hanya mampu memenuhi pasokan 9.000 tabung saja. Namun, pemkab dalam hal ini Disperindag seolah tutup mata dengan apa yang terjadi sebenarnya.

“Pelanggaran sistem distribusi tertutup atau rayonisasi ini sudah masuk wilayah pidana. Pangkalan dan agen yang melakukan pelanggaran akan kami rekomendasikan agar dicabut ijinnya,” tegas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM), Drs Darto MM, Kamis (19/8).

Diberitakan sebelumnya, sejak Jumat (13/8) lalu dilaporkan banyak tabung gas ilegal di wilayah Kulonprogo yang berbatasan langsung dengan Purworejo Jateng, khususnya Congot Temon. Diduga kuat, tabung gas berlabel biru yang beredar di wilayah perbatasan itu beredar akibat ulah distributor nakal dari Purworejo.

Karena pelanggaran pendistribusian ini sudah masuk wilayah pidana, pihak DEisperindag akan melibatkan kepolisian dalam mengambil tindakan tegas. Meski demikian, Darto membenarkan jika tidak terpenuhinya kuota menyebabkan terjadinya pelanggaran distribusi. Pernyataan senada diungkapkan Kepala Bidang Geologi dan Energi Disperindag Heri Purnomo.

“Peredaran tabung gas illegal yang marak wilayah perbatasan itu mengindikasikan adanya distribusi yang tidak sehat. Namun, untuk melakukan penindakan masih diperlukan pengumpulan bukti lebih lanjut” terang Heri. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s