Terkendala Minimnya Mobil Ambulans

Posted: August 19, 2010 in news

*Dinkes Siap Kawal Arus Mudik

Kulonprogo – Meski lonjakan arus mudik diperkirakan masih cukup jauh, namun sejumlah instansi di Kulonprogo sudah tampak sibuk mempersiapkan kelancaran tradisi tahunan itu. Salah satunya adalah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo.

Bekerja sama dengan Polres Kulonprogo, Dinkes telah menyiapkan sejumlah tim medis yang nantinya disiagakan di setiap pos pengamanan mudik. Rencananya, ada tujuh pos mudik yang akan dibangun di setiap titik rawan di sepanjang ruas jalan yang akan dilalui para pemudik.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Lestaryono, sejumlah tenaga medis dari puskesmas-puskesmas terkait telah disiapkan untuk mengantisipasi para pemudik. Selain bertugas memulihkan kondisi pemudik yang kelelahan setelah berkendara jauh, tenaga medis tersebut juga disiagakan sebagai unit reaksi cepat menangani jatuhnya korban kecelakaan.

”Untuk penempatan tim medis, kita tinggal menunggu koordinasi dari Polres Kulonprogo. Yang pasti, saat ini Dinkes telah mengoptimalkan para petugas medis yang akan ditugaskan mengawal lancarnya arus mudik yang melintas di Kulonprogo” jelasnya.

Seperti tahun lalu, Dinkes akan menerjunkan dua paramedis dan satu sopir ambulan serta satu petugas administrasi di setiap posko. Hanya saja khusus untuk mobil ambulans akan diprioritaskan di posko di titik rawan. Titik-titik strategis posko mudik lebaran di Kulonprogo diantaranya Temon, Sentolo, Nanggulan dan Kalibawang. Diperkirakan, posko mulai beroperasi sejak H-7 hingga H+7.

”Dinkes juga menyiapkan petugas di puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap dan daerah perbatasan dan daerah yang rawan bencana. Mengenai terbatasnya mobil ambulan, dapat diantisipasi dengan sistem online. Jika titik posko dekat dengan puskesmas, maka mobil ambulan akan standby di puskesmas” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s