Antisipasi Pemudik Keracunan

Posted: August 24, 2010 in hard news, news

PetugasBBTKL-PPM mengambil sampel sayuran mentah di sebuah restoran untuk diuji di lab

*BBTKL-PPM Terjun Ke Restoran

Kulonprogo – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular (BBTKL-PPM) DIY melakukan uji petik bahan makanan dan kebersihan alat makan di sejumlah warung makan dan restoran di Wates, Selasa (24/8) siang. Uji petik ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian keracunan makanan ketika mudik lebaran tahun ini.

Koordinator Kegiatan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) Kesehatan Situasi Khusus Mudik Lebaran BBTKL-PPM Mieng Nova Sutopo mengatakan, uji petik di Kulonprogo kali ini dilakukan di tiga lokasi, yakni di terminal Wates dan dua restoran di tepi jalan Wates-Purworejo. Petugas mengambil contoh bahan makanan, makanan jadi, air minum, alat makan dan tempat memasak yang digunakan. Sejumlah contoh yang diambil lantas diuji di laboratorium.

“Hasilnya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan setempat. Jika hasil laboratoriumnya janggal, penjual makanan yang bersangkutan akan dikenai sanksi oleh dinas setempat,”ujarnya.

Pemeriksaan laboratorium tersebut, imbuh petugas Instalasi Mikrobiologi BBTKL-PPM Murwani, setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua hingga empat hari. Untuk bidangnya pemeriksaan mikrobiologis dilakukan dengan alat khusus. Terpisah, Petugas Laboratorium Kimia BBTKL-PPM Kristina Ery Faryanti menambahkan, sayuran mentah yang diambil akan dites kandungan pestisida dan sianidanya.

Sementara itu, Team Leader Restoran Jogja Chicken Kulonprogo Parjiono mengaku tidak keberatan dengan pemeriksaan yang dilakukan. Pasalnya, kebersihan makanan di restorannya selalu dijaga. “Tidak masalah dengan adanya pemeriksaan ini,”ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s