Daerah Perbatasan Rawan Peredaran Daging Tak Layak Konsumsi

Posted: August 24, 2010 in news

Kulonprogo – Daging tidak layak konsumsi rawan beredar di wilayah perbatasan Kulonprogo, khususnya di Kecamatan Kalibawang dan Nanggulan. Pasalnya, banyak pedagang luar daerah seperti dari Muntilan Jawa Tengah dan sekitarnya yang masuk dan tidak bisa dipantau tempat pemotongannya.

Untuk itu, semenjak memasuki bulan Ramadhan, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kulonprogo mulai mengintensifan pengawasan peredaran daging. Pasalnya, setiap menjelang lebaran selalu terjadi peningkatan stok.

“Dalam pengawasan terpadu ini kami melibatkan Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perdagangan. Jangan sampai beredar daging yang tidak memenuhi persyaratan higienis dan kualitas. Pengawasan terutama dilakukan di pasar-pasar tradisional, serta kios-kios daging” terangnya.

Berdasarkan data di DKKP, di Kulonprogo terdapat 25 pedagang sapi, 213 pedagang ayam, dan 6 pedagang kambing. Sedangkan daging sapi dari luar daerah berasal dari Boyolali, Magelang, dan Purworejo.

Menurut Kabid Kesehatan Hewan Dinas DKPP Endang Purwaningrum, pengawasan peredaran daging rutin dilakukan. Khusus di bulan Ramadan dan menjelang lebaran, pengawasannya lebih diintensifkan.

“Kami menambah 15 kali operasi hingga H-1 lebaran disamping tetap melakukan operasi rutin. Operasi rutin dilakukan harian di Pasar Wates dan Bendungan, juga di Pasar Sentolo setiap hari pasaran. Pasar-pasar lain dilakukan empat kali sebulan,” jelasnya.

Dalam sidak lapangan yang baru dilakukan sebanyak tiga kali pada bulan puasa ini, DKPP belum mendapati daging gelongong, tiren dan tak layak konsumsi di sejumlah pasar tradisional. Meskipun tidak ditemukan daging yang dicurigai tidak layak konsumsi, pedagang daging dimnta untuk tidak main-main dalam menjual produknya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s