Jalur Jalan Lintas Selatan Beralih Fungsi

Posted: August 24, 2010 in hard news, news

Motor-motor balap yang diamankan di Mapolres Kulonprogo

*Jadi Sirkuit Balap Liar Di Malam Hari

Kulonprogo – Jalur jalan lintas selatan (JJLS) di Kulonprogo sering beralih fungsi menjadi “sirkuit dadakan” untuk ajang kebut-kebutan pembalap liar di malam hari. Selain jauh dari pos polantas, alasan pembalap liar memilih JJLS sebagai sirkuit dadakan karena kondisi jalannya yang lurus, panjang, permukaan aspal halus, dan sepi pada malam hari.

Guna mengurangi keresahan masyarakat, meminimalisasi angka kecelakaan, sekaligus demi ketenangan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, petugas gabungan dari Polres Kulonprogo kian giat menggelar razia balap liar.

Razia yang dilakukan kepolisian pada Senin (23/8) malam itu difokuskan menyisir jalan Deandles Kecamatan Galur yang sering digunakan kebanyakan remaja untuk ajang balap liar mereka.

Razia juga sempat diwarnai aksi kejar-kejaran antara petugas dengan sejumlah pelaku balap liar. Hingga akhir operasi, sekitar pukul 23.30 WIB, polisi hanya berhasil menjaring tujuh remaja laki-laki pelaku balap liar yang kemudian digelandang ke Mapolres untuk ditilang. Hingga Selasa (24/8) siang, masih tampak tiga motor yang diamankan di halaman Satlantas Polres Kulonprogo sebagai barang bukti.

“Pelaksanaan operasi tersebut sudah sering kita lakukan sebelumnya. Namun, khusus bulan Ramadhan ini, kita lebih mengintensifkan operasi demi terciptanya situasi yang kondusif selama pelaksanaan ibadah puasa” tegas Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Setyo Heri Purnomo di kantornya, Selasa (24/8).

Mengenai maraknya balap liar, khususnya di wilayah JJLS, Setyo Heri telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meminimalisir aksi dari kenakalan remaja tersebut. Salah satunya dengan meningkatkan intensitas patroli di daerah yang rawan menjadi sirkuit dadakan ajang balap liar.

“Tak disangkal jika kali ini petugas sering kecolongan. Pasalnya, para pembalap liar tersebut sudah hapal dengan jadwal operasi rutin petugas. Untuk itu, kita akan melakukan perubahan pola patroli” ungkapnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s