Pasar Dadakan Semarakkan Bulan Ramadhan

Posted: August 24, 2010 in news

*Tradisi Pasar Tiban di Kauman Nanggulan

Ramadhan memang bulan yang penuh berkah, tak terkecuali bagi para pedagang makanan di Kampung Kauman, Desa Jatisrono, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo. Salah satu simpang empat jalan Nanggulan-Wates atau tepatnya di sebelah barat Kantor Kecamatan Nanggulan yang di hari biasa tampak lengang, kini menjelma riuh layaknya pasar.

Warga setempat biasa menyebutnya Pasar Tiban. Pasalnya, kehadirannya para pedagang ini mendadak, yakni hanya setiap bulan Ramadhan saja. Pasar ini pun seketika menghilang setelah bulan Ramadhan usai.

Menurut penuturan salah satu pedagang yang turut meramaikan tradisi pasar tiban, Juminah (33), pasar tiban ini sudah menjadi tradisi di Kampung Kauman sejak sekitar 30 tahun lalu. Awalnya hanya tiga warga saja yang menjajakan menu berbuka puasa di tempat itu. Namun lambat laun, dari tahun ke tahun, jumlah warga yang menjajakan aneka menu makanan dan minuman semakin bertambah.

“Sejak saya kecil, pasar tiban ini sudah ada. Saya masih ingat betul. Sebab, setiap bulan puasa saya selalu membantu ibu berjualan di sini,” katanya.

Setiap sore di bulan Ramadan, para penjual yang kebanyakan merupakan warga sekitar, sudah mulai menata barang dagangannya pukul 14.30 WIB. Semakin sore pasar itu semakin riuh. Dari orang tua hingga remaja dan anak-anak tampak berbaur di pasar Ramadan Kampung Kauman itu. Pasar itu mulai sepi pukul 17.00 menjelang waktu berbuka.

Kentalnya nuansa Ramadhan di pasar Tiban di Kampung Kauman ini semakin didukung dengan keberadaan Masjid Jami’ Kauman yang tak jauh dari lokasi pasar. Sebagian warga menyebut, masjid itu merupakan masjid Kasultanan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan dibangun di atas tanah milik Kraton. Di sekitar masjid itu juga berdiri sebuah pondok pesantren bernama Al Miftah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s