Penipuan Catut Nama Pejabat Kian Marak

Posted: August 24, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Handpone milik Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo Agus Langgeng Basuki yang hilang sejak beberapa waktu lalu diduga jatuh ditangan orang yang salah. Menurut sumber yang dapat dipercaya, handphone tersebut hilang saat si pemiliknya tengah melawat ke Jakarta karena tugas negara.

Sejak Jumat (20/8) lalu, Sekretaris Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) Heru Catur mengaku menerima sms dari handpone Kepala Bappeda. Sms tersebut intinya meminta agar diberikan bantuan karena rekannya kekurangan biaya saat hendak operasi.

“Dalam sms itu dia meminta bantuan sebesar Rp 4 juta dan berjanji akan segera mengembalikan. Saya sempat kaget membaca sms dari Pak Langgeng. Ini bukan kalimat yang biasa digunakan oleh beliau, apalagi meminta sejumlah uang lewat sms” ujar Heru.

Merasa penasaran, saat itu juga Heru menelepon handphone Langgeng.  Namun saat itu handphonenya tidak aktif karena berada di luar jangkauan. Tak kehabisan akal, Heru kemudian meminta keterangan dari anak Pak Langgeng. Dari situ, dia mendapat kabar bahwa handphone milik ayahnya hilang saat perjalanan tugas di Jakarta .

Terpisah, ajudan Bupati Kulonprogo dan Kades Triharjo Wates Wadiyo juga mengalami hal serupa. Diduga dengan menggunakan nomor telepon Agus Langgeng Basuki yang lama, seorang penelepon gelap mengaku sedang melakukan pemantauan dan menanyakan sejumlah nama kepala-kepala dinas. Bahkan penelepon misterius itu juga meminta sejumlah dana dengan alasan untuk pemeriksaan kesehatan.

“Tadi ada yang menelpon ruang ajudan bupati berkali-kali. Semula dia meminta data-data kepala dinas dan ujung-ujungnya meminta dana”ujar Sekretaris Bupati Arita Handiyati.

Sedangkan Kades Triharjo Wadiyo mengaku ditelepon seseorang yang mengaku Kepala Dinas Pertanian Kulonprogo. Dalam percakapannya, penelepon misterius itu mengatakan butuh lahan kas desa dan sudah mendapat persetujuan dari bupati. Setelah mengklarifikasi kabar burung tersebut ke Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo, baru diketahui bahwa telepon yang mencatut nama Bupati itu hanyalah aksi penipuan semata. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s