Daging Busuk Beredar Di Pasar Tradisional

Posted: August 29, 2010 in hard news, news

Kulonprogo – Daging busuk tidak layak konsumsi ternyata masih saja beredar di pasar tradisional di Kulonprogo. Dalam razia mendadak di pasar Temon, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Diskepnak) Kulonprogo menemukan daging busuk sebanyak tiga kilogram, Kamis (26/8) sekitar pukul 07.00 WIB.

“Namun hanya 1 kg saja yang dapat kami sita. Sedangkan sisanya tidak boleh diminta.  Oleh si pedagang, katanya hendak dibawa pulang untuk digodog’ terang Kepala Bidang Kesehatan Diskepnak Kulonprogo Endang Purwaningrum di kantornya, Kamis (26/8).

Daging tak layak konsumsi yang ditemukan di pasar Temon itu kondisinya sudah berwarna pucat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengelabui pembeli, daging busuk tersebut dicampur dengan daging segar lain.

Menurut Endang, si pedagang nakal tersebut diduga sudah mengetahui gelagat petugas Diskepnak yang mendatangi lapak dagangannya dengan jalan menyamar layaknya pembeli biasa. Sebab, daging busuk tersebut sempat ditutupi dengan kain.

Sehari sebelumnya, Rabu (25/8), petugas Diskepnak juga mengadakan razia daging glonggongan dan daging ayam tiren (mati kemarin, red) di Pasar Kliwon Kranggan Galur. Namun dalam razia tersebut, petugas Diskepnak pulang dengan tangan hampa.

“Pedagang yang terjaring razia karena kedapatan menjual daging tak layak konsumsi itu biasanya para pemain lama. Tahun lalu sudah diperingatkan, jera sebentar, lalu kini kambuh lagi” ungkap Endang.

Jika berulang kali diperingatkan namun masih ngeyel, imbuh Endang, Diskepnak tidak segan-segan untuk memejahijaukan para ‘pemain lama’ yang masih menjual daging busuk tersebut.

Sementara itu, Kepala Diskepnak Kulonprodo Sabar Widodo mengatakan, sanksi pertama yang akan diberikan adalah sanksi tertulis. Jika surat tertulis sudah dilayangkan hingga tiga kali namun tetap tidak digubris, maka pedagang tersebut bakal diseret ke pengadilan dengan dasar hukum UU Perlindungan Konsumen.

“Namun langkah tersebut belum perlu dilakukan. Sekarang kami tengah intensif melakukan pembinaan dulu sekaligus rinspeksi mendadak untuk mengecek hasilnya” terangnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s