Pembangunan Markamal Molor Hingga 2013

Posted: August 29, 2010 in news

Kulonprogo – Rencana pembangunan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) di wilayah pantai selatan Kulon Progo ternyata bergeser dari perkiraan semula. Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo menjelaskan bahwa pembangunan yang akan dimulai pada 2013 itu bukan lantamal, melainkan Markas Komando Angkatan Laut (Markamal).

“Pembangunannya memang ditunda. Tapi akan tetap dibangun di sini secara bertahap, diawali tahun 2014. Kalau rencana semula akan dibangun mulai 2011,” kata Toyo belum lama ini.

Toyo mengatakan, pembangunan yang dilakukan bukan untuk memindah Lantamal yang ada di Surabaya. Lantamal yang ada di Surabaya masih tetap difungsikan sedangkan yang dibangun di Kulon Progo merupakan Markamal sebagai pusat komando.

“Kita sudah menyiapkan lokasi untuk pembangunan Markamal. Markas TNI AL tersebut nantinya berada di antara pelabuhan ikan dan bandara di Pantai Karangwuni. Sebagian besar personil Lantamal di Surabaya akan dipindahkan ke sini,” kata Toyo.

Ditambahkan Toyo, rencana pembangunan Markamal di Kulon Progo tersebut pernah dilakukan penelaahan bersama Gubernur DIY dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut RI. Penundaan pembangunan dilakukan hingga 2014 agar lebih matang.

“Pembangunan Markamal diperlukan untuk pengamanan kelautan wilayah kelautan Indonesia. Lokasinya lebih ideal berada di sini. Dulu Lantamal yang ada di Surabaya dibangun oleh VOC (kolonial Belanda, red) untuk kepentingan dagang mereka,” pungkasnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s