Dua TKW Asal Kulonprogo Kabur Dari Malaysia

Posted: August 31, 2010 in news

*Hingga Kini Belum Diketahui Keberadaannya

Kulonprogo – Selama sebelas hari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertans) Kulonprogo kelimpungan. Pasalnya, dua tenaga kerja wanita (TKW) asal Kulonprogo yang dikabarkan kabur dari Malysia hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Kedua TKW tersebut adalah Ika Kurniawati, warga Dusun Bogo Banjarharjo Kalibawang, dan Sudarsih, warga Dusun Kaligondang Temon Kulon, Temon. Sebelumnya, kedua TKW tersebut bekerja di ALPS Elektrik yang berada di Nilai Industrial Estate, Nilai Negeri Sembilan, Darul Khusus Malaysia. Penyebab kaburnya kedua TKW tersebut juga belum diketahui secara pasti.

Menurut Kasi Penyedia Lowongan Kerja dan Penempatan Dinsosnakertrans Kulonprogo Muh Juaini, informasi kaburnya kedua TKW tersebut diperoleh dari PJTKI Timur Raya Jaya Lestari. Surat pemberitahuan itu tiba di meja kerjanya pada 20 Agustus lalu. Surat pemberitahuan yang sama juga telah dikirimkan PJTKI kepada pihak keluarga TKW yang keduanya tinggal di Kulonprogo.

“Hingga kini belum diketahui keberadaan kedua TKW tersebut. Kami juga belum memperoleh tambahan informasi dari PJTKI yang memberangkatkan keduanya. Rencananya, hari ini (kemarin, red) kami akan mendatangi rumah kedua korban” kata Juaini, Selasa (31/8).

Junaini menambahkan, dalam surat pemberitahuan tersebut, tertulis bahwa kedua TKW itu baru sebulan bekerja di perusahaan ALPS Elektrik. Keduanya masuk kerja pada Mei 2010. Mereka mulai melarikan diri pada 2 Juli lalu sekitar pukul 12.00 waktu setempat.

“Langkah pertama yang ditempuh dinas yakni mengklarifikasi kepada keluarga TKW yang bersangkutan. Selain itu, dinas juga akan meminta pertanggungjawaban PJTKI yang memberangkatkan” tegas Junaini.

Pertanggungjawaban PJTKI yang dimaksud adalah membantu pencarian dan pengurusan kepulangan kedua warga Kulonprogo tersebut. Informasi sementara diketahui bahwa kedua TKW itu sebelumnya sudah pernah bekerja di Malaysia selama dua tahun. Pada Mei silam mereka kembali mengadu nasib ke negara tetangga yang kini tengah terlibat konflik dengan Indonesia seputar masalah perbatasan perairan laut. (leo)

Comments
  1. yang benar-benar sangat buruk berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s