Jelang Lebaran, Ayam Tiren Rawan Di Pasaran

Posted: August 31, 2010 in news

Kulonprogo – Meski berkali-kali dioperasi, para penjual daging ayam bangkai atau tiren (mati kemarin, red), seolah tidak pernah kapok. Justru mereka semakin lihai menyiasati para pembeli dengan jalan memasak ayam tiren dan menjualnya dalam kondisi matang. Alhasil, para pembeli pun kewalahan untuk membedakan antara olahan daging ayam segar dan daging ayam tiren.

Dalam operasi terpadu tim gabungan Pemkab Kulonprogo dan Provinsi DIY di Pasar Dekso Kecamatan Kalibawang, Senin (30/8) petugas mendapati beberapa pedagang yang diduga menjual daging ayam tiren.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kulonprogo Endang Purwaningrum mengatakan, razia kali ini didapati ayam tiren dari pedagang di pasar tradisional. Ayam yang dijual warna kulitnya sudah tidak segar dan muncul bintik-bintik hitam. Oleh petugas, ayam tersebut diambil sampel untuk diteliti di Balai Veteriner.

“Dalam operasi non yustisi kali ini kami tidak melakukan penyitaan. Kami hanya mengambil sedikit sampel saja untuk diteliti lebih lanjut.  Bagi pedagang yang bersangkutan, hanya diberi sanksi peringatan” terang Endang.

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veterina Dinas Peternakan Provinsi DIY drh. Haris Sandono menjelaskan, dengan menggunakan alat deteksi daging, pihaknya juga menemukan sebanyak tiga kg daging ayam potong yang tidak layak konsumsi. Pasalnya, daging tersebut tidak memenuhi standar PH normal.

“Inti masalahnya, para pedagang daging ayam itu kebanyakan tidak paham cara menyembelih yang benar. Akibatnya, pengeluaran darah ayam tidak sempurna” ungkapnya.

Dalam operasi itu, petugas juga merazia belasan produk kadaluarsa yang masih beredar di pasar dari salah satu toko kelontong di Pasar Ndekso. Sejumlah produk kadaluarsa dari toko tersebut langsung dimusnahkan di tempat.

“Produk yang langsung dimusnahkan di tempat seperti minuman bersoda kalengan dan minuman penambah energi sebanyak 10 kaleng” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindag ESDM Kulonprogo Bambang Widodo. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s