Jelang Mudik Lebaran, PT KAI Harus Banyak Berbenah

Posted: August 31, 2010 in news

*Polres dan Kodim Kulonprogo Sisir Perlintasan KA

Kulonprogo – Menjelang padatnya arus mudik Lebaran, PT Kereta Api harus terus membenahi jalur kereta api. Hingga kini masih ditemukan komponen baut, mur pengait rel, dan bantalan rel yang hilang ataupun rusak. Temuan itu terungkap setelah tim gabungan dari Polres Kulonprogo dan Kodim 0731 Kulonprogo menyisir rel yang melintang dari Kecamatan Sentolo hingga Temon, Senin (30/8) siang.

Pengecekan yang dipimpin Kapolres Kulonprogo dan Dandim Letkol Inf Ahmad Basar kemarin juga melibatkan masyarakat sekitar. Pengecekan diawali dari jembatan Bantar dan terus bergerak ke arah barat. Di beberapa lokasi petugas menemukan baut rel yang sudah lepas atau hilang dari bantalannya.

“Penyisiran ini untuk memastikan perlintasan kereta benar-benar aman untuk lebaran nanti. Di beberapa titik ditemukan baut sambungan rel banyak yang hilang atau kendor. Kondisi ini harus segera diatasi guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” jelas kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto.

Banyaknya temuan kerusakan beberapa komponen rel kereta api, menurut Darmanto, menunjukkan PT Kereta Api (PT KAI) kurang maksimal mempersiapkan sarana-prasarana pendukung. Kemungkinan, penyisiran yang setiap hari dilakukan oleh petugas PT KAI kurang jeli.

Seolah tidak mau kalah, Wakapolres Kulonprogo Kompol Aap Sinwan Yasin gentian memimpin tim gabungan Polres Kulonprogo dan Kodim 0731 Kulonprogo untuk menyisir rel KA pada sore harinya.

“Hampir sama dengan penyisiran yang telah dilakukan pada siang harinya. Kali ini, kami juga menemukan beberapa kerusakan. Nantinya, setelah seluruh data terkumpul, hasil temuan ini akan segera dilaporkan ke PT KAI daops VI Yogyakarta untuk ditindaklanjuti” tegas Wakapolres baru yang belum lama ini dilantik.

Terpisah, Humas Daops VI PT KAI Yogyakarta Eko Budiyantoro menuturkan, pihaknya berjanji akan segera menindaklanjuti hasil temuan dari penyisiran tim gabungan dua instansi keamanan tersebut.

“Ini masukan positif, kami akan tindaklanjuti,” kata Eko yang dikonfirmasi melalui telepon. Menurut Eko, PT KAI telah menerjunkan anggota juru penilai jalan untuk melakukan penyisiran. Penyisiran dilakukan setiap hari usai pemberangkatan kereta paling akhir. (leo)

Comments
  1. bolehngeblog says:

    selamat mudik, jangan lupa hati-hati di jalan…mau pakai motor, mobil atau angkutan umum yang penting hati-hati bro…

    salam,
    Bolehngeblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s