Dana LKM dan Dana Lain Perlu Diawasi

Posted: September 2, 2010 in news

Kulonprogo – Diseretnya Mantan Kepala Desa Tuksono Kecamatan Sentolo Sukaryono ke meja hijau karena dugaan kasus korupsi dana Lembaga Keuangan Mikro (LKM) membuat banyak kalangan menyoroti berbagai masalah yang terjadi pada lembaga yang tersebar di 88 desa di Kulonprogo tersebut. Kredit macet yang kini tengah merundung sebagian besar LKM adalah salah satu persoalan yang masih hangat diperbincangkan.

Bagaimana tidak, dana LKM yang seharusnya dikucurkan kepada rakyat kecil yang membutuhkan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya justru menjadi bulan-bulanan para PNS dan aparat pemerintah desa. Pengelola LKM mudah saja memberikan pinjaman kepada para aparatur pemerintahan tersebut karena berkeyakinan mereka dapat melunasinya. Sedangkan rakyat kecil yang sebenarnya lebih membutuhkan bantuan modal harus rela mengalah karena tidak memiliki jaminan untuk melengkapi persyaratan peminjaman.

Kenyataan tersebut cukup mengagetkan Wakil Bupati Kulonprogo Mulyono. Dalam pertemuannya dengan sejumlah Kepala Dinas, Camat, dan Kades di Gedung Kaca beberapa waktu lalu, Mulyono menegaskan penagihan tunggakan dana LKM harus segera dilakukan.

”Saya harap  para Kades mendukung penagihan tunggakan dana LKM. Tetap harus ditagih meski yang menunggak itu para PNS, TNI, atau POLRI” tegas Mulyono. Ia juga meminta para Kades menginventarisir modal bunga lunak atau bantuan yang ada di desa yang selama ini kurang terkontrol perkembangannya.

Kekhawatiran menguapnya dana LKM juga pernah dilontarkan oleh pengelola PNPM dari Lendah. ”Masih ada imej yang kurang menguntungkan bagi perkembangan lembaga permodalan UKM di tingkat desa. Sebab, dana dari pemerintah sering diartikan sebagai dana hibah yang boleh dihabiskan dan tidak perlu dikembalikan” ujarnya. Contohnya, dana permodalan PDMDKE di desa-desa kian sulit dilacak keberadaannya dan bagaimana perkembangannya.

Sementara itu,  Kades Bugel Panjatan Edy.S menepis kekhawatiran dana LKM bakal habis. ”Mungkin memang benar ada Kades yang sifatnya ’clemer’. Tetapi saya yakin,  masih banyak Kades lain yang memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan rakyatnya” ujarnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s