Lebaran, Retribusi Pariwisata Ditarget Sebesar 225 Juta

Posted: September 2, 2010 in news

Kulonprogo – Musim libur lebaran tahun ini Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kulon Progo menargetkan pendapatan dari retribusi pariwisata sebesar Rp.225 juta. Untuk itu, Disbudparpora tengah menyiapkan beragam upaya untuk mencapai target yang terbilang tinggi tersebut.

Menurut Kepala Disbudparpora Sarjana, ada enam obyek wisata di Kulonprogo yang diandalkan dapat meraup banyak wisatawan selama musim libur lebaran. Keenam obyek wisata tersebut antara lain Pantai Glagah, Pantai Congot, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Gua Kiskendo, dan Puncak Suralaya.

“Berbagai event hiburan akan disajikan bagi pengunjung di objek-objek wisata. Mulai dari pentas musik dangdut, campursari, kesenian tradisional, hingga wayang kulit. Acara-acara hiburan itu digelar hari Minggu (12/9) hingga Selasa (14/9) atau H+2 sampai H+4” ungkapnya.

Rencananya, imbuh Sarjana, kesenian tradisional seperti pertunjukan campur sari bakal disuguhkan bagi para wisatawan di Puncak Suralaya Samigaluh dan di Gua Kiskendo Girimulyo. Sedangkan di Waduk SermoKokap, akan diselenggarakan event memancing dan dimeriahkan gelaran kirab budaya, wayang kulit, dan jatilan topeng ireng.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Pantai Glagah adalah salah satu objek wisata yang paling besar menyumbangkan pendapatan. Sekitar 62 % dari total pendapatan retribusi diperoleh dari membludaknya pengunjung pantai Glagah” kata Sarjana.

Selain menyiapkan event hiburan, penambahan fasilitas juga dilakukan di beberapa objek wisata. Seperti di Puncak Suralaya dengan penambahan parkir kendaraan. Mengenai keselamatan pengunjung di objek wisata pantai, Kasi Objek dan Daya Tarik Wisata, Kuat Tri Utomo berharap agar pengunjung mematuhi papan peringatan yang sudah terpasang, yaitu tidak mandi di laut.

Selain keenam objek wisata andalan tersebut, Kulonprogo juga menyiapkan objek wisata air alternatif, yakni Pemandian Clereng, Tanjungsari di Samigaluh, dan Wahana Pelangi di Karangwuluh Temon. Ditambahkan Sarjana, target pendapatan dari objek wisata secara keseluruhan hingga akhir tahun sebesar Rp 951.165.000 dengan jumlah pengunjung sebanyak 319.800 orang. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s