Pemkab Tak Berdaya Atasi Rekanan Yang Diduga Curang

Posted: September 2, 2010 in news

*Terkait Material Hasil Normalisasi Sungai

Kulonprogo – Keterbatasan kewenangan membuat Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak bisa berbuat banyak terkait dugaan curangnya pihak rekanan dalam proyek normalisasi sungai di Kulonprogo. Program normalisasi sungai ini meliputi sepanjang aliran sungai Serang dan di selatan jembatan Srandakan yang merupakan aliran sungai Progo.

“Kewenangan ada pada pemerintah provinsi DIY. Pasalnya, proyek normalisasi sungai itu diampu oleh pemprov dan Balai Besar Sungai Serayu dan Opak (BBSSO)” kata Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo di sela acara kunjungannya ke SMK N 1 Panjatan, Kamis (2/9).

Toyo menambahkan, proyek normalisasi bukan pertambangan, jadi sudah selayaknya material harus disingkirkan. Namun saat ditanya kenapa material tidak digunakan untuk mengurug halaman SMK N 1 Panjatan yang masih tidak rata, Toyo mengatakan “itu keteledoran saya”.

Sebelumnya, Staff bidang Pertambangan Disperindag dan ESDM Lilik Kurniawan mengatakan, rekanan proyek menjual material minimal Rp 50 ribu. Padahal, material dari sungai yang dikeruk menggunakan alat berat itu setiap harinya diangkut keluar oleh puluhan truk.

“Temuan itu dari hasil pengawasan pada proyek normalisasi di Sungai Serang. Namun untuk proyek di Sungai Progo, dinas belum mengetahuinya. Seharusnya material itu tidak boleh dibawa keluar” ungkap Lilik.

Ia mengakui permasalahan ini cukup dilematis. Sebab, permasalahan pertambangan sungai ditangani oleh BBSSO. Pemkab tidak memiliki kewenangan dalam penegakan, begitu pula Disperindag. “Kita hanya berharap adanya pajak yang masuk ke pemkab,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi I DPRD Priyo Santoso berjanji akan mengundang pihak rekanan, balai besar, dan eksekutif guna rapat koordinasi. Ketiganya akan dimintai keterangan terkait proyek yang ada dan mekanisme yang sesuai.

“Kulonprogo akan merugi banyak jika permasalahan ini dibiarkan. Apalagi material pasir dari Sungai Progo memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Ketua Fraksi PAN ini membenarkan jika normalisasi sungai Progo mendesak dilakukan. Sebab, sepanjang tahun aliran terus berbelok kearah barat dan mengenai lahan milik warga. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s