Sabun Kecantikan Dari Kayu Arang

Posted: September 2, 2010 in news

*Hasil Karya Murid SMK N 1 Panjatan

Kulonprogo – Rasa puas rupanya tidak mudah hinggap di benak para murid SMK N 1 Panjatan. Setelah berhasil ‘menyulap’ bonggol pisang menjadi bioetanol (alternatif bahan bakar), mereka kini menciptakan sabun kecantikan dari bahan dasar kayu arang. Bahkan, sabun berwarna hitam legam tersebut sudah teruji keampuhannya dan siap diproduksi massal.

Sabun itu dinamai Jasmine Black Soap. Menurut guru pengampu mata pelajaran Kimia Khomarudin, butiran halus arang aktif diyakini dapat membersihkan kulit lebih maksimal dibandingkan bahan lain yang biasa terkandung dalam sabun kecantikan.

“Selain itu, para murid juga menghasilkan sabun dari bahan dasar kunyit yang dapat melindungi kulit wajah dari jerawat. Nama sabunnya Curcuma Coco Soap” bangga Khomarudin. Ia menambahkan, sebagian murid yang kini duduk di bangku kelas X dan XI itu juga tengah memperdalam riset untuk menghasilkan sabun lunak dan transparan berbahan dasar minyak kelapa murni (virgin coconut oil) dan Kalium.

“Selain sabun kecantikan, kami juga memproduksi jus buah kemasan yang tahan lama.” kata Khomarudin. Sementara, sabun dan jus tersebut baru dipasarkan di dalam lingkup sekolah saja.

Kepala sekolah SMK N 1 Panjatan Sarwana menambahkan, sejak didirikannya Business Center Dharmachem pada Juli lalu, para murid dan alumni bisa menerapkan ilmu yang telah mereka dapat untuk menghasilkan produk yang bisa dinikmati masyarakat luas. Untuk itu, pihak sekolah telah melayangkan permohonan bantuan kepada Pemkab Kulonprogo.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Setelah cukup lama menanti, akhirnya Bupati Kulonprogo beserta tim ahli dari beberapa dinas terkait, Kamis (2/9), berkenan menyambangi SMK yang terbilang masih baru di dunia pendidikan Kulonprogo tersebut.

“Pemkab akan berupaya maksimal memberikan sumbangan bagi keberlangsungan bisnis ini. Rencananya, juga akan disediakan tempat khusus untuk menjual produk hasil kerja keras para murid yang berprestasi di Kulonprogo. Jadi tidak hanya untuk SMK N 1 Panjatan saja” ujar Toyo.

Dukungan pemkab tidak lepas dari perjuangan murid SMK N 1 Panjatan yang telah mengharumkan nama Kulonprogo dalam “Science Tech Idol” yang digelar di Taman Pintar Jogjakarta akhir Juli lalu. Tiga murid SMK N 1 Panjatan berhasil menyabet gelar juara tiga dalam perlombaan bergengsi se-DIY itu dengan menyajikan penelitian bioetanol dari bonggol pisang. (leo)

Comments
  1. ailove says:

    wah kreatif sekali. mudah-mudahan menjadi anak bangsa yang berguna dan memashyurkan nama bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s