Satpol PP Pulang Dengan Tangan Hampa

Posted: September 3, 2010 in news

*Hasil Sidak Ikan Berformalin Nihil

Kulonprogo – Baru kali ini Satpol PP Kulonprogo pulang dari inspeksi mendadak dengan tangan kosong. Pasalnya, dalam sidak yang digelar bersama tim gabungan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM serta Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) Kulonprogo di Pasar Sentolo, Jumat (3/9), tak ditemukan satu pun jenis daging yang tidak layak konsumsi.

Rencana semula, sidak yang dilakukan sejak sekitar pukul 06.00 itu bertujuan untuk mengoperasi ikan yang mengandung formalin. Namun setelah mengecek sederet lapak pedagang ikan satu per satu, tim gabungan tersebut tak menemukan ikan yang dimaksud.

“Tidak ditemukan adanya ikan yang diawetkan dengan formalin. Semuanya masih segar, kondisinya bagus dan layak dikonsumsi” kata Kasi Penyelidikan dan Penindakan Satpol PP Qomarul Hadi. Ia menambahkan, ikan yang dijual kebanyakan jenis tongkol, ikan kembung dan ikan bandeng olahan.

Selain memburu ikan yang diduga berformalin, tim gabungan juga menyisir daging glonggongan maupun daging ayam tiren. Namun hasilnya sama: nihil. Kasi Kesehatan Hewan Dinas Kepenak Kulonprogo Rinanti mengatakan, nihilnya hasil sidak kali ini kuat disebabkan oleh peringatan yang gencar dilakukan sebelumnya.

”Para pedagang nakal mungkin jera jika menyaksikan berita seputar gencarnya operasi yang dilakukan menjelang Lebaran” ungkap Rinanti. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika rencana sidak di pasar Sentolo telah bocor sebelumnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s