1.600 Pendonor “Stand By”

Posted: September 7, 2010 in news

*21 Puskesmas Siaga Tangani Pemudik

Kulonprogo – Seluruh Puskesmas di Kulonprogo akan disiagakan untuk memberi pelayanan kesehatan bagi para pemudik maupun warga sekitar selama masa Lebaran 1431 H. Dari 21 puskesmas di seluruh Kulonprogo, enam di antaranya akan disiagakan selama 24 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Lestaryono mengatakan, enam Puskesmas siaga 24 jam itu adalah Puskesmas Temon I, Sentolo I, Galur II, Girimulyo II, Samigaluh I, dan Panjatan I (Rumah Bersalin).

“Keenamnya adalah puskesmas rawat inap dan rumah bersalin. Jadi memang sudah buka 24 jam setiap harinya. Hanya saja, dalam masa Lebaran ini kami optimalkan peranannya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang membutuhkan perawatan” terang Lestaryono, belum lama ini.

Pada hari libur H-1 hingga H+2, tambah Lestaryono, Puskesmas akan tetap membuka pelayanan meski bagian administrasi libur. Minimal akan disiagakan satu orang dokter, satu tenaga paramedis, dan satu bidan di Unit Gawat Darurat (UGD). Selain itu, bekerjasama dengan Polres Kulonprogo, Dinkes juga membuka empat posko kesehatan. Keempat posko tersebut berada di stasiun Wates, terminal Wates, Congot Temon (perbatasan Purworejo), dan di sekitar jalan menuju Trisik (Brosot).

“Di posko akan disiagakan perawat dan bidan yang bisa memberi pertolongan pertama khususnya untuk korban kecelakaan dan sejenisnya. Ambulans siap on call jika pasien harus dirujuk ke rumah sakit,” ujar Lestaryono.

Terpisah, pengurus PMI Unit Transfusi RSUD Wates Inngusdi Sidigautama  mengatakan, stok darah di unit transfusi darah PMI Kulonprogo mencukupi untuk Lebaran mendatang. Pihaknya juga menyiapkan sekitar 1.600 orang pendonor yang setiap saat bisa dihubungi jika dibutuhkan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pendonor di sejumlah desa siaga, juga dari anggota TNI, Polri, dan Satpol PP. Jumlahnya sekitar 1.600 orang. Mereka siap diminta darahnya sewaktu-waktu,” imbuhnya. (leo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s